PENGARUH MEDIA BIG BOOK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBILANG ANAK KELOMPOK A DI TK DHARMA WANITA II PECUK, NGANJUK
Abstrak
Membilang adalah kemampuan anak untuk mengetahui berapa banyak benda dan sebagai dasar pembelajaran matematika anak. Kemampuan anak membilang yang berkaitan dengan konsep matematika dan bilangan dapat membantu anak dalam membilang dengan jari, membilang dengan benda-benda disekitar, mengembakan kemampuan membilang dapat dilakukan melalui media yang dapat menarik anak untuk mau belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media big book terhadap kemampuan membilang anak kelompok A di TK Dharma Wanita II Pecuk, Nganjuk.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Pre - Eksperimental Design dan jenis penelitian One-Group Pre-test Post-test Design. Sasaran penelitian ini adalah anak kelompok A di TK Dharma Wanita II Pecuk, Nganjuk dengan jumlah 16 Anak. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik non parametrik uji jenjang bertanda Wilcoxon yang menunjang pembuktian adanya pengaruh antar dua variabel.
Berdasarkan hasil penelitian rata-rata sebelum treatment adalah 6,94 sedangkan hasil rata-rata setelah treatment adalah 11. Hasil uji jenjang bertanda Wilcoxon menujukkan adalah 0 dan adalah 29 dengan taraf signifikansi 5%. Simpulan penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara media big book terhadap kemampuan membilang anak .
Kata Kunci: Media big book, kemampuan membilang.
Unduhan

