MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KEAKSARAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MEDIA KARTU HURUF DI TK KUSUMA PUTRA SURABAYA

Authors

  • YULI PUDJI LESTARI
  • MASUDAH

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan anak dalam penggunaan media kartu huruf dan untuk mendeskripsikan penggunaan media kartu huruf dalam meningkatkan kemampuan mengenal keaksaraan anak usia 5-6 Tahun di TK Kusuma Putra Surabaya. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dibagi ke dalam dua siklus, setiap siklusnya terdiri atas dua pertemuan, dalam setiap pertemuan terbagi menjadi empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilanjutkan dengan analisis data dengan statistik deskriptif yaitu analisis refleksi berdasar siklus. Hasil dari penelitian ini pada siklus I aktivitas guru menunjukkan presentase sebesar 56,25% meningkat menjadi 87,5% pada siklus II. Aktivitas anak juga mengalami peningkatan, pada siklus I persentase keberhasilan anak adalah 53,13% sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 84,38%. Nilai rata-rata kemampuan mengenal keaksaraan juga mengalami peningkatan sebesar 33,14%, pada siklus I sebesar 51,24% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 84,16%. Hal ini berarti terjadi peningkatan dalam kemampuan mengenal keaksaraan melalui media kartu huruf, sehingga penelitian tindakan kelas ini dinyatakan berhasil karena telah mencapai tingkat keberhasilan yang telah ditentukan.

Kata kunci : kemampuan mengenal keaksaraan, media kartu huruf

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-08-05

Issue

Section

Articles
Abstract views: 157 , PDF Downloads: 234