PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE CONNECTED PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI UNTUK KELAS IX SMP

  • KHOIRUN NISAK Prodi Pendidikan Sains FMIPA Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran IPA Terpadu tipe connected pada materi pokok sistem ekskresi yang layak ditinjau dari tingkat validitas dan respon siswa. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi silabus, RPP, buku siswa, LKS, dan lembar penilaian. Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah terwujudnya perangkat pembelajaran IPA secara terpadu yang layak pada materi sistem ekskresi yang dapat digunakan sebagai alternatif bagi guru khususnya guru IPA untuk menerapkan pembelajaran IPA secara terpadu. Proses pengembangan ini mengacu pada model 4D (define, design, develop, disseminate). Tahap define didapat bahwa SMP Ma’arif 5 Pucuk Lamongan menggunakan kurikulum KTSP, namun dalam implementasinya belum mengajarkan IPA secara terpadu. Tahap design menghasilkan draf 1 yakni desain awal perangkat pembelajaran IPA terpadu. Tahap develop didapatkan saran untuk perbaikan perangkat dari draf 1 menjadi draf 2, selanjutnya perangkat pembelajaran diujicobakan pada 12 siswa kelas IX SMP Ma’arif 5 Pucuk Lamongan dan divalidasi oleh 2 dosen ahli FMIPA serta 1 praktisi dari SMP Ma’arif 5 Pucuk. Hasil validasi dosen serta guru IPA pada perangkat pembelajaran yang terdiri dari silabus, RPP, buku siswa, LKS dan lembar penilaian berturut-turut diperoleh skor 3,17, 2,86, 3,4, 3,18, dan 2,81 dengan nilai maksimal 4, Hasil belajar siswa yang dilihat dari ketercapaian indikator kognitif produk dan proses berturut-turut mendapat persentase sebesar 74,1% dan 70,8%, sedangkan respon siswa positif yakni sebesar 89,93%. Dari hasil validasi, hasil belajar siswa, dan respon siswa dapat diinterpretasikan perangkat sangat layak.

Kata Kunci: kelayakan perangkat pembelajaran IPA terpadu, connected, sistem ekskresi

Abstract

This study aims to develop science learning device type connected to the Integrated subject matter excretion system viable in terms of validity and student responses. Learning device was developed covering the syllabus, lesson plans, student books, worksheets and assessment sheets. The expected benefits of this research is the realization of an integrated science learning tools appropriate to the material excretion system that can be used as an alternative for teachers especially science teachers to implement an integrated science learning. This refers to the process of developing 4D models (define, design, develop, disseminate). Stage define SMP Ma'arif obtained that shoots 5 Lamongan using SBC curriculum, but its implementation has not been taught in an integrated science. Design phase produces the first draft of the preliminary design of integrated science learning. Stage earned develop suggestions for improvement of the draft 1 to draft 2. Next learning device tested on 12 students of class IX SMP Ma'arif shoots 5 Lamongan and validated by two lecturers expert practitioner of Natural Sciences as well as 1 SMP Ma'arif 5 shoots. The results validate the lecturer and Science teacher learning device consisting of a syllabus, lesson plans, student books, worksheets and assessment sheets successively obtained a score of 3.17, 2.86, 3.4, 3.18, and 2.81 with a value of maximum of 4, . Student learning outcomes is seen from the indicators of student achievement of cognitive products and processes row gets a percentage of 74,1% and 70,8%, while the positive student response which amounted to 89.93%. From the validation results and student responses can be interpreted very decent device.

Keywords: feasibility of integrated ccience learning tool, connected, excretory system

Published
2013-01-31
How to Cite
NISAK, K. (2013). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE CONNECTED PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI UNTUK KELAS IX SMP. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 1(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/1371
Section
Articles
Abstract Views: 324
PDF Downloads: 398