KELAYAKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis pembelajaran berdasarkan masalah untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa SMP yang valid, praktis dan efektif. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan mengadaptasi model pengembangan 4D dari Thiagarajan (1974) dengan uji coba menggunakan one group pretest-posttest design. Data yang diperoleh dari hasil uji coba I dengan sampel 15 siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Krembung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen perangkat pembelajaran berdasarkan aspek validitas ditinjau dari hasil penilaian validator dinyatakan valid dengan kategori baik dan sangat baik. Kelayakan Perangkat pembelajaran berdasarkan aspek kepraktisan menunjukkan bahwa hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran dan respon siswa berada pada kategori sangat baik. Kelayakan perangkat pembelajaran berdasarkan aspek efektivitas menunjukkan cukup efektif digunakan dalam pembelajaran yang dinilai dari hasil aktivitas siswa dan hasil tes kemampuan literasi sains. Aktivitas siswa yang paling dominan muncul adalah kegiatan pengamatan/ penyelidikan (24%). Perangkat pembelajaran yang digunakan efektif untuk melatihkan dan meningkatkan kemampuan literasi sains siswa aspek konten, konteks dan proses dengan nilai gain rata-rata sebesar 0,38 atau termasuk kategori sedang. Sedangkan untuk aspek sikap sains didapatkan nilai N gain sebesar 0,66 dengan kategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model pembelajaran berdasarkan masalah ini layak dari aspek valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa.
PDF Downloads: 88