PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

  • SELLY NALAFRADIANY S

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa setelah diterapkan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pencemaran lingkungan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimental dengan rancangan penelitian One Group Pre-test Post-test Design. Subjek yang digunakan dalam penelitian yaitu siswa Kelas VII-D SMP Negeri 6 Sidoarjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes dengan instrumen penelitian yaitu lembar soal pre-test dan post-test keterampilan berpikir kreatif. Data yang diperoleh dianalisis dengan  menggunakan Uji-t berpasangan dan Uji N-Gain score. Materi pencemaran lingkungan meliputi pencemaran air, udara, dan tanah. Setiap pencemaran diidentifikasi sumber pencemaran, dampak pencemaran, dan solusi pencemaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa setelah diterapkan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pencemaran lingkungan yaitu dengan ketuntasan klasikal dari 18% menjadi 76%. Keterampilan berpikir kreatif tiap aspek juga mengalami peningkatan dari hasil pre-test dan post-test sebesar 32,5%. Hasil Uji Normalitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal. Hasil pre-test dan post-test menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan, hal ini didasarkan dari hasil Uji-t berpasangan diperoleh thitung (11,31) > ttabel (2,04) dengan taraf signifikan α =0,05. Sedangkan dari hasil analisis Uji N-Gain score menunjukkan peningkatan keterampilan proses sains siswa dikategorikan sedang dengan indeks gain skor sebesar 0,53.

Kata Kunci: Keterampilan Berpikir Kreatif, Pembelajaran Berbasis Masalah. 

Published
2016-06-14
How to Cite
NALAFRADIANY S, S. (2016). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 4(03). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/15400
Abstract Views: 56
PDF Downloads: 37