KELAYAKAN MEDIA PERMAINAN ENGKLEK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN

  • HAFIZHAH SRI NUGRAHA

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menentukan validitas, kepraktisan, dan keefektifan media permainan engklek pada materi sistem pencernaan makanan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian One Shot Case Study. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Tulungagung pada semester kedua tahun ajaran 2015/2016 dengan subjek penelitian 12 siswa kelas dari VIII-G. Langkah-langkah pengembangan media yang digunakan dalam pengembangan ini diadaptasi dan dimodifikasi langkah-langkah pengembangan media Hasad, Borg and Gall, dan Sjarifullah. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode angket, observasi dan tes. Validitas diperoleh dari skor-skor validitas internal 1 dan validitas internal 2. Kepraktisan diperoleh dari keterlaksanaan pembelajaran dan respon siswa. Keefektifan diperoleh dari hasil belajar siswa ranah kognitif dan aktivitas siswa. Pada penelitian ini, aktivitas siswa terfokus pada keterampilan komunikasi siswa. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa media permainan engklek pada materi sistem pencernaan makanan memiliki: 1) validitas karena setiap indikator media permainan engklek memperoleh skor ≥61 pada validasi internal 1 dan validasi internal 2; 2) kepraktisan karena keterlaksanaan pembelajaran mencapai ≥81% dan respon “Ya” pada angket respon siswa mencapai ≥61% pada tiap-tiap pernyataan; 3) keefektifan karena siswa yang mencapai ketuntasan belajar ranah kognitif dengan nilai ≥2,85 sebesar  75% dan skor aktivitas keterampilan komunikasi mencapai nilai ≥61 pada tiap- tiap-tiap indikator keterampian komunikasi.

Kata kunci: media permainan engklek, sistem pencernaan makanan, keterampilan komunikasi, hasil belajar kognitif

Published
2016-07-13
How to Cite
SRI NUGRAHA, H. (2016). KELAYAKAN MEDIA PERMAINAN ENGKLEK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 4(03). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/15879
Abstract Views: 193
PDF Downloads: 267