PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL

  • GLORYA RYSTY NINGTYAS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, peningkatan hasil belajar siswa, aktivitas siswa, dan respons siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental Design dengan menggunakan rancangan One Group Pre-Test-Post-Test Design. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VII-I dan VII-H SMP Negeri 1 Driyorejo. Hasil penelitian ini menunjukkan, keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) kelas VII-I pada pertemuan 1 mencapai 3,76 dan pada pertemuan 2 mencapai 3,85 dengan kriteria sangat baik, sedangkan kelas VII-H pada pertemuan 1 mencapai 3,84 dan pada pertemuan 2 mencapai 3,93 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil analisis nilai pretest dan postest kelas VII-I dan VII-H,  mengalami peningkatan hasil belajar dengan n-Gain sebesar 0,8 dengan kriteria tinggi. Nilai keterampilan siswa kelas VII-I, 3 aspek mendapat kriteria sangat baik, Sedangkan pada kelas VII-H, 2 aspek mendapat kriteria sangat baik dan 1 aspek mendapat kriteria baik yaitu gambar.  Aktivitas siswa kelas VII-I pada pertemuan 1 mencapai 89,70% dan pada pertemuan 2 mencapai 91,66% dan dikelas VII-H pada pertemuan 1 mencapai 81,42% dan pada pertemuan 2 mencapai 86,75% dengan kriteria sangat baik. Siswa memberikan respons positif yang sangat kuat terhadap proses pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, dengan persentase sebesar 95,09% dan 85,78%.

 

Kata kunci :

Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together

Published
2016-08-12
How to Cite
RYSTY NINGTYAS, G. (2016). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 4(03). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/16697
Abstract Views: 31
PDF Downloads: 37