PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA

  • ALFI REYNAWATI
  • TARZAN PURNOMO

Abstract

Abstrak

Proses pembelajaran IPA meliputi aspek sikap, pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan berpikir. Selama ini pada umumnya guru belum sepenuhnya melaksanakan pembelajaran yang menekankan pada proses keterampilan berpikir terutama berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk melatihkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian dilakukan dengan menerapkan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan sebelumnya yaitu dengan menggunakan model Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan sampel kelas replikasi dengan jenis penelitian one group pre-test post-test. Parameter penelitian yang diukur meliputi kemampuan berpikir kreatif siswa. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning berhasil melatihkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Hasil pretest berpikir kreatif kelas VII E rata-rata sebesar 28,53 dan posttest 78,05 dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,669 dengan kategori sedang. Pada kelas VII F rata-rata pretest sebesar 26,71 dan posttest 77,68 dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,689 dengan kategori sedang. Hasil penelitian menunjukkan model Problem Based Learning efektif untuk melatihkan keterampilan berpikir kreatif siswa SMP pada materi pencemaran lingkungan.

Kata kunci: Problem Based Learning, Berpikir Kreatif, Pencemaran Lingkungan






Published
2018-07-18
How to Cite
REYNAWATI, A., & PURNOMO, T. (2018). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 6(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/24268
Abstract Views: 808
PDF Downloads: 731