SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP LAYANAN E-HEALTH DI PUSKESMAS KETABANG SURABAYA

  • NUSRINDA PUTRI PERDANA

Abstract

e-Health merupakan salah satu aplikasi layanan kesehatan di bidang e-Government yang terintegrasi dengan mesin anjungan e-kios. Layanan e-Health ini diciptakan oleh Pemerintah Kota Surabaya bertujuan untuk meminimalisir antrean panjang masyarakat di loket Puskesmas atau Rumah Sakit untuk mendapatkan karcis nomor antrean, menghilangkan sistem rujukan yang ruwet, dan tersusunnya database kesehatan penduduk Kota Surabaya. Masyarakat yang ingin berobat di Puskesmas atau Rumah Sakit dapat mendaftar melalui layanan e-Health yang terintegrasi dengan mesin e-kios, kemudian mengikuti tahapan-tahapan dalam layanan e-Health hingga mengeluarkan karcis print out nomor antrean. Sejauh ini layanan e-Health yang terintegrasi dengan mesin e-kios telah tersebar di di 61 Puskesmas yang tersebar di Puskesmas Surabaya Utara, Surabaya Barat, Surabaya Timur, Surabaya Pusat dan Surabaya Selatan. Salah satu Puskesmas yang telah menggunakan layanan e-Health adalah Puskesmas Ketabang Surabaya. Sebagai Puskesmas yang berada di wilayah Surabaya Pusat dan telah menggunakan layanan e-Health, Puskesmas Ketabang Surabaya harus dapat memberikan pelayanan sebaik mungkin kepada masyarakat agar tercipta pola pelayanan yang baik dan bermuara pada kepuasan masyarakat. Dalam hal ini pemerintah mengatur aspek penilaian kepuasan itu melalui Survei Kepuasan Masyarakat yang tertuang dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2014 yang memuat Sembilan aspek penilaian yakni Persyaratan, Prosedur, Waktu Pelayanan, Biaya/Tarif, Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan, Kompetensi Pelaksana, Perilaku Pelaksana, Maklumat Pelayanan dan Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan. Penelitian ini hanya menggunakan 8 indikator Survei Kepuasan Masyarakat untuk mengukur kepuasan masyarakat terhadap layanan e-Health yakni Persyaratan, Prosedur, Waktu Pelayanan, Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan, Kompetensi Pelaksana, Perilaku Pelaksana, Maklumat Pelayanan dan Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif. Penelitian ini mengambil sampel 91 orang dari populasi 1000 orang menggunakan teknik Insidental Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis data kuantitatif yang dibagi menjadi tiga tahapan yaitu pengolahan data, pengorganisasian data, dan penemuan hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator persyaratan memperoleh persentase sebesar 87,5%, indikator prosedur 83,2%, indikator waktu pelayanan 85%, indikator produk spesifikasi jenis pelayanan 85,6%, indikator kompetensi pelaksana 83,4%, indikator perilaku pelaksana 84,9%, indikator maklumat pelayanan 77,3%, indikator penanganan pengaduan saran dan masukan sebesar 77,4%. Sehingga diperoleh prosentase rata-rata kepuasan masyarakat terhadap layanan e-Health sebesar 83,2%. Hasil tersebut termasuk di dalam kelas interval 81%-100% dengan kategori sangat memuaskan, yang artinya secara garis besar kepuasan masyarakat terhadap layanan e-Health di Puskesmas Ketabang Surabaya telah memuaskan.
Kata Kunci: e-Health, Pelayanan Kesehatan, Kepuasan Masyarakat, Survei Kepuasan Masyarakat

Published
2016-01-19
Section
Articles
Abstract Views: 105
PDF Downloads: 516