KUALITAS LAYANAN PEMROSESAN DOKUMEN CK-1 DI KANTOR PENGAWASAN DANPELAYANAN BEA DAN CUKAI TIPE MADYA CUKAI KEDIRI

  • CORRY VICORESITA

Abstract

Pelayanan merupakan suatu kegiatan yang diselenggarakan oleh penyedia jasa Pemerintah (Instansi Pemerintah Pusat,
di Daerah dan di lingkungan Badan Usaha Milik Negara Badan Usaha Milik Daerah) sebagai tanggung jawabnya dalam
memenuhi kebutuhan masyarakat maupun dalam rangka pelaksanaan peraturan perundang-undangan. Sebagai salah
satu instansi pemerintah, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Cukai (KPPBC TMC) Kediri
bergerak dalam hal pelayanan pengurusan dokumen, salah satunya yaitu dokumen CK-1, dalam pemrosesan dokumen
CK-1 di KPPBC TMC Kediri memberi janji layanan hanya 20 menit. Namun masih terdapat beberapa beberapa kendala
selama proses pengerjaannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas layanan pemrosesan dokumen CK-1 di
KPPBC TMC Kediri. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan
pendekatan kualitatif. Adapun fokus dari penelitian ini adalah lima indikator kualitas layanan Parasurahman yaitu
Tangibels, Reliability, Responsiviness, Assurance, Empaty . Subyek penelitian dalam penelitian ini diambil dengan
teknik snowball sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data model interaktif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa dari lima indikator yang digunakan menunjukan bahwa kualitas layanan pemrosesan dokumen
CK-1 sudah memenuhi indikator dan memuaskan. Masing-masing indikator sudah terpenuhi meskipun terdapat
beberapa masalah saat pemrosesan dokumen CK-1 berlangsung namun petugas loket mampu menangani permasalah
tersebut sehingga pengguna jasa tidak menunggu dengan sia-sia. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini
bahwa kualitas layanan pemrosesan dokumen CK-1 sudah baik
Kata Kunci: Kualitas Layanan, Pelayanan Publik, Pemrosesan Dokumen

Published
2016-01-21
Section
Articles
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 69