Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa Ekspor ImporDi Kantor Pos Lalu Bea Kediri, Jawa Timur

  • MIRA TANIA SULISTIANI

Abstract

Ekspor impor merupakan salah satu pemasukan terbesar bagi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara
(APBN). Kegiatan ekspor impor ini dilakukan oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai yang berada dibawah
naungan Kementerian Keuangan. Salah satu kawasan yang dapat melayani kegiatan ekspor impor yaitu
Kantor Pos Lalu Bea Kediri. Dalam penelitian ini peneliti menilai kepuasan masyarakat pengguna jasa
ekspor impor di Kantor Pos Lalu Bea Kediri melalui Survei Kepuasan Masyarakat yang tertuang dalam
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 16
Tahun 2014 yang memuat Sembilan aspek penilaian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
tingkat kepuasan pengguna jasa ekspor impor di Kantor Pos Lalu Bea Kediri, Jawa Timur. Metode penelitian
yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil sampel 65 orang dari populasi sebesar
175 orang dengan menggunakan teknik sampling incidental. Teknik pengumpulan data yang digunakan
yaitu kuisioner, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan
analisis statistic deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan pengguna jasa ekspor
impor di Kantor Pos Lalu Bea Kediri sudah sangat memuaskan karena diperoleh presentase sebesar 84,95%.
Kata Kunci : Ekspor Impor, Bea Cukai, Kepuasan Masyarakat, Survei Kepuasan Masyarakat.

Published
2016-01-21
Section
Articles
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 78