MANAJEMEN STRATEGI PENGELOLAAN RUMAH BAHASA SEBAGAI UPAYA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI KOTA SURABAYA

  • Hela Marita Devila S1 Ilmu Administrasi Negara, Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Surabaya
  • Meirinawati Meirinawati S1 Ilmu Administrasi Negara, Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Manajemen Strategi, Pemberdayaan Masyarakat, Rumah Bahasa

Abstract

Rumah Bahasa merupakan program pelayanan publik dari Pemerintah Kota Surabaya yang didirikan untuk mewujudkan masyarakat Kota Surabaya yang berkompeten dalam penguasaan bahasa asing agar memiliki nilai dan daya saing dalam menghadapi MEA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen strategi pengelolaan Rumah Bahasa sebagai upaya pemberdayaan masyarakat di Kota Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini dianalisis dengan tahapan yang meliputi pengamatan lingkungan, perumusan strategi, implementasi strategi, dan evaluasi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara daring, dan dokumentasi dengan purposive sampling sebagai teknik penentuan informan. Hasil penelitian yang ditemukan menunjukkan bahwa manajemen strategi yang diterapkan sebagai upaya pemberdayaan masyarakat Kota Surabaya melalui program Rumah Bahasa cukup membantu kehidupan masyarakat karena partisipan merasakan adanya peningkatan kemampuan bahasa asing sebab pelatihan di Rumah Bahasa rutin menerapkan practical learning yang hasilnya lebih nyata dirasakan dalam kemampuan percakapan. Namun masih perlu adanya wujud penilaian yang diberikan kepada partisipan berupa sertifikat atau surat keterangan sebagai bentuk apresiasi supaya partisipan dapat melihat tingkat keberhasilan dan menilai kemampuan berbahasa asing setelah mengikuti pelatihan. Selain itu, pelaksana perlu mengadakan sosialisasi yang lebih gencar untuk menarik minat masyarakat agar mengikuti pelatihan dan mengatasi perihal terbatasnya tutor pada bahasa asing tertentu.

Kata Kunci: Manajemen Strategi, Pemberdayaan Masyarakat, Rumah Bahasa.

 

Rumah Bahasa is a public service program from the Surabaya City Government which was established to realize the people of Surabaya City who are competent in mastering foreign languages so that they have value and competitiveness in facing the MEA. This study aims to describe the management strategy of the Rumah Bahasa as an effort to empower the people in the Surabaya City. This type of research is descriptive research with a qualitative approach. The focus of this research is analyzed by stages which include environmental observation, strategy formulation, strategy implementation, and evaluation. Data was collected using observation techniques, online interviews, and documentation using purposive sampling as a technique for determining informants. The results of the study found that the strategic manegement applied as an effort to empower the people of Surabaya City through the Rumah Bahasa program was quite helpful in people’s lives, participants felt an increase in foreign language skills because the training at the Rumah Bahasa routinely applied practical learning which results were more clearly felt in conversational skills. However, there is still a need for an assessment given to participants in the form of certificates as a form of appreciation so that participants can see the level of success and assess foreign language skills after joining the training. In addition, implementers need to conduct more intensive socialization to attract public interest to participate in training and overcome the problem of limited tutors in certain foreign languages.

Keywords: Strategic Management, Community Empowerment, Rumah Bahasa.

References

Asyiah, Siti, dkk. 2017. Evaluasi Implementasi Kebijakan Pendidikan Gratis Di Kabupaten Pasaman. JPSI, (online), Vol 2, No 1, (https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpsi/article/view/2360/1500), diunduh pada tanggal 4 Maret 2021.
Bagian Administrasi Kerjasama Pemerintah Kota Surabaya, (https://kerjasama.surabaya.go.id/tentang-kami/rumah-bahasa/), diakses pada tanggal 9 Juli 2021.
Chandra, E. K, dkk. 2019. Implementasi Konsep Efisiensi pada Redesain Rumah Bahasa Surabaya. Jurnal INTRA, (online), 7 (2), 205–210. (http://publication.petra.ac.id/index.php/desain-interior/article/view/8893), diunduh pada tanggal 24 September 2020.
Cornali, F. dan S. T. 2012. Globalization, education, information and communication technologies: what relationships and reciprocal influences?. Procedia-Social and Behavioral Sciences, (online), Vol 47, (https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877042812026857), diunduh pada tanggal 7 Desember 2020.
Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya. 2016. Profil Kota Surabaya (p. 8). (https://www.surabaya.go.id/uploads/attachments/2016/10/13986/profil_surabaya_2016_vfinal_ar_compressed_compress.pdf), diunduh pada tanggal 5 Desember 2020.
Fansuri, A. S & Rosdiana, W. 2016. Implementasi Program Rumah Bahasa Kota Surabaya. Journal of Chemical Information and Modeling, (online), Vol 4, No (9), 1689–1699. (https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/publika/article/view/15138), diunduh pada tanggal 24 September 2020.
Hunger, J David & Wheelen, Thomas L. 2003. Manajemen Strategis. Yogyakarta: Andi.
Keputusan Walikota Surabaya Nomor: 188.45/406/436.1.2/2014 tentang Tim Pelaksana Rumah Bahasa. (https://jdih.surabaya.go.id/pdfdoc/kepwali_336.pdf), diakses pada tanggal 11 Juli 2021.
Lele, G, dkk. 2017. Pemerintah Daerah dan Masyarakat Ekonomi ASEAN. ASEAN Studies Center, FISIPOL UGM, (online), (https://asc.fisipol.ugm.ac.id/wp-content/uploads/sites/741/2020/05/Pemerintah-Daerah-dan-Masyarakat-Ekonomi-ASEAN-compressed.pdf), diunduh pada tanggal 4 November 2020.
Meirinawati & Prabawati, Indah. 2015. Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Melalui Citizen’s Charter, (online) 45–54, (https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=xRXJUnkAAAAJ&cstart=20&pagesize=80&citation_for_view=xRXJUnkAAAAJ:RHpTSmoSYBkC), diunduh pada tanggal 4 Maret 2021.
Nawangsari, E. R. 2016. Analisis Program Pemberdayaan Masyarakat Pada Usaha Menengah Kecil Dan Mikro (UMKM) (Studi di UMKM Pengrajin Batik Kampoeng Jetis dan Pengrajin Koperasi Intako Tanggulangin Sidoarjo). JPSI, (online), 1(1), 12–16. (https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpsi/article/view/2234/1435), diunduh pada tanggal 4 Maret 2021.
Nisak, A. C. 2016. Analisis Komponen Pembiayaan Pendidikan (Studi Kasus di Rumah Bahasa Surabaya), Inspirasi Manajemen Pendidikan (online), Vol 4, No 1, (https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/15920), diunduh pada tanggal 2 Desember 2020.
Niswah, Fitrotun & Meirinawati. 2015. Manajemen Strategi Sektor Publik. Surabaya: UNESA University Press.
Nugraha, A. R, dkk. 2019. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Komunikasi Efektif Berbasis Potensi Wisata dan Kearifan Lokal, JPPM LPIP UMP, (online), Vol 3, No 1, (http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/JPPM/article/view/3546/2446), diunduh pada tanggal 4 Maret 2021.
Pradina, I. C & Meirinawati. 2020. Inovasi Aplikasi SANTRI RS (SMS Antrian Rumah Sakit) di Instalasi Rawat Jalan Poliklinik Spesialis Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Sidoarjo. 8(1), (https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/publika/article/view/31990/29018), diunduh pada tanggal 2 Desember 2020.
Rumah Bahasa Surabaya. (https://rumahbahasa.surabaya.go.id/index.php?p=content&title=logo), diakses pada tanggal 24 September 2020.
Sholihah, A & Prabawati, I. 2018. Evaluasi Pelaksanaan Program Rumah Bahasa di Kompleks Balai Pemuda Kota Surabaya. Vol 6, No 9, (https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/publika/article/view/25830), diunduh pada tanggal 7 Desember 2020.
Sutanto, S. H. 2018. Posisi Strategis Dan Arah Pengembangan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Di Pemerintah Provinsi Jawa Timur. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 2(2), 72 – 81, (https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpsi/article/view/3178), diunduh pada tanggal 3 Januari 2021.
Smokotin, V. M, dkk. 2014. The Phenomenon of Linguistic Globalization : English as the Global Lingua Franca ( EGLF ). Procedia - Social and Behavioral Sciences, 154(October), 509–513. (https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.10.177), diunduh pada tanggal 7 Desember 2020.
Stufflebeam, D. L. (2000). The CIPP Model for Evaluation. In Stufflebeam, D.L., Madaus, G.F.Kellaghan, T. (Eds). Evaluation models. Viewpoints on educational and human service evalution. (pp.279-317). (2nded) Boston: Kluwer Academic.
Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.
Wangke, H. 2016. Prospek dan Strategi Indonesia Menghadapi Implementasi Masyarakat Ekonomi Asean (1st ed.). Jakarta: PT Balai Pustaka.
Wimpi, D. 2017. Rumah Bahasa Wadah Eksistensi Diri Untuk Warga Surabaya. (https://humas.surabaya.go.id/2017/08/10/rumah-bahasa-wadah-eksistensi-diri-untuk-warga-surabaya), diakses pada tanggal 4 November 2020.
Published
2021-07-26
Section
Articles