MANAJEMEN STRATEGI PENGELOLAAN RUMAH BAHASA SEBAGAI UPAYA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI KOTA SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/publika.v9n4.p445-458Kata Kunci:
Manajemen Strategi, Pemberdayaan Masyarakat, Rumah BahasaAbstrak
Rumah Bahasa merupakan program pelayanan publik dari Pemerintah Kota Surabaya yang didirikan untuk mewujudkan masyarakat Kota Surabaya yang berkompeten dalam penguasaan bahasa asing agar memiliki nilai dan daya saing dalam menghadapi MEA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen strategi pengelolaan Rumah Bahasa sebagai upaya pemberdayaan masyarakat di Kota Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini dianalisis dengan tahapan yang meliputi pengamatan lingkungan, perumusan strategi, implementasi strategi, dan evaluasi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara daring, dan dokumentasi dengan purposive sampling sebagai teknik penentuan informan. Hasil penelitian yang ditemukan menunjukkan bahwa manajemen strategi yang diterapkan sebagai upaya pemberdayaan masyarakat Kota Surabaya melalui program Rumah Bahasa cukup membantu kehidupan masyarakat karena partisipan merasakan adanya peningkatan kemampuan bahasa asing sebab pelatihan di Rumah Bahasa rutin menerapkan practical learning yang hasilnya lebih nyata dirasakan dalam kemampuan percakapan. Namun masih perlu adanya wujud penilaian yang diberikan kepada partisipan berupa sertifikat atau surat keterangan sebagai bentuk apresiasi supaya partisipan dapat melihat tingkat keberhasilan dan menilai kemampuan berbahasa asing setelah mengikuti pelatihan. Selain itu, pelaksana perlu mengadakan sosialisasi yang lebih gencar untuk menarik minat masyarakat agar mengikuti pelatihan dan mengatasi perihal terbatasnya tutor pada bahasa asing tertentu.
Kata Kunci: Manajemen Strategi, Pemberdayaan Masyarakat, Rumah Bahasa.
Unduhan

