IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PUSAT INKUBASI BISNIS DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • Nuzzila Rizki Fidarina S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Surabaya
  • Suci Megawati S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Komersialisasi hasil riset merupakan upaya yang dilakukan oleh pemilik riset (dosen/mahasiswa) untuk dapat memperdagangkan hasil risetnya kepada masyarakat luas dengan tujuan untuk mengimplementasikan kegunaan praktis hasil-hasil riset tersebut sekaligus meraup keuntungan secara finansial. Produk hasil riset atau penelitian yang dilakukan oleh peneliti di lingkungan universitas mengalami beberapa hambatan dalam proses komersialisasinya yang muncul baik secara internal (kesiapan produk) maupun eksternal  (penerimaan masyarakat luas). Persoalan tersebut menjadi landasan bagi universitas untuk mendirikan inkubator untuk mengelola (menginkubasi) hasil riset mengarah ke komersialisasi. Universitas Negeri Surabaya mengambil kebijakan untuk menindaklanjuti komersialisasi hasil riset secara nyata dengan dibentuknya Pusat Inkubasi Bisnis yang merupakan langkah awal yang strategis untuk membuka gerbang komersialisasi hasil riset. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dianalisis menggunakan teori implementasi kebijakan publik Soren C. Winter yang disebut Model Implementasi Integratif yang terdiri atas tiga variabel yakni perilaku hubungan antarorganisasi, perilaku implementor/birokrasi level bawah, dan perilaku kelompok sasaran. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui untuk mendapatkan data dan informasi yaitu melalui wawancara, observasi, dan pengumpulan dokumen-dokumen terkait. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kebijakan Pusat Inkubasi Bisnis di Universitas Negeri Surabaya sudah bagus, hal ini dilihat dari indikator perilaku hubungan antarorganisasi yang menunjukkan terwujudnya kolaborasi antarorganisasi, indikator perilaku implementor/birokrasi level bawah PIBT Unesa  dipengaruhi dengan kemampuan pengambilan keputusan penting saat adanya pengaruh yang lebih dominan diluar kewenangan formal (deskreasi) dilakukan sebagai wujud memprioritaskan kepentingan/keperluan utama saat itu, dan perilaku kelompok sasaran respon positif yang kemudian mempengaruhi perilaku implementor maupun perbaikan atau peningkatan program kerja PIBT Unesa.

Kata Kunci: implementasi kebijakan, inkubasi bisnis, produk inovasi, hasil riset.

Commercialization of research results is an effort made by research owners (lecturers/students) to be able to trade their research results to the wider community to implement the practical use of the research results while at the same time reaping financial benefits. Products resulting from research conducted by researchers in the university environment experience several obstacles in the commercialization process that arise both internally (product readiness) and externally (acceptance of the wider community). These problems became the basis for universities to establish incubators to manage (incubate) research results leading to commercialization. The State University of Surabaya has taken a policy to follow up on the commercialization of research results in real terms with the establishment of a Business Incubation Center which is a strategic first step to open the gates for commercialization of research results. The type of research is descriptive with a qualitative approach. This study was analyzed using Soren C. Winter's theory of public policy implementation which is called the Integrative Implementation Model which included three variables, namely the behavior of inter-organizational relations, the behavior of the implementor/low-level bureaucracy, and the behavior of the target group. Data collection techniques are used to obtain data and information through interviews, observations, and the collection of related documents. While the data analysis technique uses the model of Miles and Huberman in that is data collection, data reduction, data presentation, and concluding. The results showed that the implementation of the Business Incubation Center Policy at the State University of Surabaya have been going well, this was seen from the behavioral indicators of inter-organizational relations which showed the realization of inter-organizational collaboration. dominant outside of formal authority (discretion) is carried out as a form of prioritizing the main interests/needs at that time, and the behavior of the target group is a positive response which then affects the behavior of the implementor as well as the improvement or improvement of the Unesa PIBT work program.

Keywords: policy implementation, business incubation, product innovation, research results.  

References

Atmaja, Mohamad Surya, Skripsi: “Implementasi Kebijakan Pembinaan Anak Jalanan, Gelandangan, Pengemis, dan Pengamen di Kota Tangerang",

Jatinangor: Universitas Padjadjaran, 2015) Hendarto, Kresno Agus. The Implementation of Corporate Social Responsibility (Csr) In Central Java Earthquake. Gadjah Mada International Journal of Business, 11(3), September-Desember 2009, 412.

Hewick L. 2006. Canadian Business Inkubator. Proceedings. Seminar International Best Practices for Increasing Inkubator Efficiencies, Jakarta (ID), 2006.

Indonesia, Menteri Koperasi Dan Usaha Kecil Dan

Menengah Republik Indonesia, Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia tentang Norma, Standar, Prosedur dan Kriteria Penyelenggaraan Inkubator Wirausaha, (Permen-KUKM No. 11/PER/M.KUKM/XII/2013) Ps. 14-17

Iqbal & Kurniawan. Implementasi Kebijakan Pengembangan Wisata Kuliner Kota Malang. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 1(2), Mei 2017), 59-65.

Kusumasondjadja, Sony. Commitment to Online Community and Continuance Intention: Issue Involvement, Interactivity, and Social Interaction. Jurnal Bisnis dan Manajemen, XVIII (2), 2017, 93-94.

Majalah Unesa, Komersialisasi Hasil Riset, (Majalah Unesa, November, 2019) hlm. 3

Mokhamad Syaefudin Andrianto, Tesis: “Analisis Strategi Komersialisasi Invensi Makanan-Minuman IPB”, sebagaimana dikutip dalam Tarek Khalil, Management of Technology, (Bogor: Institut Pertanian Bogor, 2011) hlm.1.

Pertiwi & Megaati.Implementasi Program Perluasan Jangkauan Pemasaran UMKM Pada Dinas Perdagangan Kota Surabaya. Publika, 9 (4), 2017,433-444.

Peters, B. Guydan Pierre, John. 2006. Handbook of Public Policy. London: SAGE Publications

Rahmawati, A. 2020. Skripsi: “Implementasi Kebijakan Program Pengembangan Komoditas Pada Kawasan Strategi Kabupaten Di Kabupaten Bone”, (Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar, 2020.) sebagaimaa dikutip dalam Winter, Implementation Perspectives: Statue and Reconsideration, (London: Sage Publications, 2003) hlm 40.

Rahmawati, A. Implementasi Keijakan Program Pengembangan Komoditas Pada Kawasan Strategi Kabupaten Di Kabupaten Bone. Jurnal Kajian Ilmiah Mahasiswa Administrasi Publik, 1 (1), 2020, 218.

Salhuteru, A Ch. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepuasan Pasien Terhadap Words of Mouth Pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr. M. Haulussy Ambon. Jurnal Manajemen Ide dan Inspirasi, 4(1), Juni 2017, 87.

Siti Widharetno Mursalim. Implementasi Kebijakan Smart City di Kota Bandung. Jurna Ilmu Administrasi, 4(1), Juni 2017, 126. Sridharan, R & Simatupang, T.M. Managerial Views of Supply Chain Collaboration an Empirical Study. Gadjah Mada International Journalof Business,11(2), Mei-Agustus 2009,258-259.

Suwandi. Pengembangan Model Inkubator Bisnis Perguruan Tinggi. Jurnal Penelitian Humaniora, 12, (2), Oktober 2007, 67-68.

Windiani, Reni. Implemetasi Sister Province Provinsi Jawa Tengah dengan Negara Bagian Queensland Austra lia di Bidang Pertanian. Jurna Ilmu Sosial, 13 (2), Agusutus 2014, 25.

Published
2022-07-11
Section
Articles
Abstract Views: 158
PDF Downloads: 335