IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PELESTARIAN CAGAR BUDAYA (STUDI: EKSISTENSI MUSEUM SEPULUH NOPEMBER DI KOTA SURABAYA)
Abstract
Dengan adanya Peraturan Daerah Kota Surabaya No. 5 Tahun 2005, pemerintah berupaya melestarikan cagar budaya yang ada di Kota Surabaya salah satunya yaitu Museum Sepuluh Nopember. Namun dalam implementasinya masih ditemukan kendala pelestarian cagar budaya seperti AC bocor, diorama yang masih terus dalam perbaikan, keluhan masyarakat pada pencahayaan khususnya pada ruang diorama statis dan pemanfaatan tata letak koleksi yang masih kurang mengakibatkan masyarakat enggan berkunjung dan beranggapan bahwa pelestarian cagar budaya kurang diperhatikan sepenuhnya. Hal ini juga berpengaruh ke eksistensi museum yang sebelumnya kurang diketahui masyarakat menjadi makin menurun terutama setelah terdampak Covid-19. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Implementasi Kebijakan Pelestarian Cagar Budaya (Studi Eksistensi Museum Sepuluh Nopember Kota Surabaya). Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan teknik pengumpulan data melalui observasi dengan mewawancarai Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pengelolaan Museum dan Gedung Seni Budaya, Dinas Kebudayaan Kota Surabaya, dan masyarakat. Hasil penelitian menunjukan implementasi kebijakan pelestarian cagar budaya pada Museum Sepuluh Nopember di Surabaya telah berjalan sesuai prosedur administratif yang ada, tetapi masih ditemukan hambatan seperti kurangnya anggaran yang dialokasikan Pemerintah Kota, kurang kompetennya sumberdaya manusia dalam melaksanakan kebijakan pelestarian, dan tidak adanya kerjasama Pemerintah Kota dengan investor swasta. Saran yang diberikan yaitu dengan meningkatkan kompetensi Tim Cagar Budaya sesuai prinsip good governance, mengadakan kerjasama dengan investor swasta sehingga dapat membantu kendala yang dialami terutama sumberdaya finansial, meningkatkan promosi dan sosialiasi ke masyarakat agar untuk meningkatkan kesadaran terhadap pelestarian cagar budaya bisa berjalan dengan efektif.
Kata Kunci: Implementasi Kebijakan, Pelestarian Cagar Budaya, Museum Sepuluh Nopember.With the Surabaya City Regional Regulation No. 5 of 2005, the government is trying to the existence of cultural heritage in the city of Surabaya, which is the Ten November Museum. However, in its implementation, it is still found the preservation of cultural heritage such as air conditioning leaking, dioramas that are still developing in repair, public complaints about lighting, and utilization of layout or layout as well as collections that are still lacking. This also affects the museum, which was previously known to the public to be decreasing especially after the Covid-19. The purpose of this study is to describe the implementation of the Cultural Conservation Preservation Policy (Study of the Existence of the Ten November Museum, Surabaya City). The management method is descriptive methods and data collection techniques through observation by interviewing the Regional Technical Implementation Unit (UPTD) of the Museum and Cultural Arts Building,the Surabaya City Culture Office, and the community. Based on the observation, the cultural heritage preservation policy at the Ten November Museum in Surabaya has been running according to existing administrative procedures, but there are still obstacles such as the lack of budget allocated by the City Government, incompetence of resources in carrying out conservation, and the absence of cooperation between the City Government and private investors. The advice is to improve the competence of the Cultural Conservation Team according to the principles of good governance, establish cooperation with private investors and increase promotion.
Keywords: Policy implementation, Cultural Conservation, Ten November Museum.
References
American Association of Museums. 1997. Official Museum Directory 1998 (28th ed)(2 Vol Set). Natl Register Pub; 28th edition (December 1, 1997).
Asmara, A. Y. 2016. Pentingnya Riset Kebijakan Dalam Pembuatan Kebijakan Pembuatan Kebijakan Publik Unggul Di Indonesia. Journal of Public Sector Innovation, 1(1), 10.
Ayu, D., Jannah, M., Andriani, N., Arief, M., Ekonomi,
A. F., Bisnis, D., Trunojoyo, U., Manajemen, J., & Ekonomi, F. 2014. Pengaruh Strategi Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Pengunjung Museum Sepuluh Nopember Surabaya. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 53–64. https://doi.org/10.21107/JSMB.V1I1.1515
Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah. (2017).
Profil Kota Surabaya. http://perkotaan.bpiw.pu.go.id/v2/kota-besar/39
Bahri, Syaeful , Madlazim, M. (2012). Pemetaan Topografi, Geofisika Dan Geologi Kota Surabaya. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 2(No. 2).
Dewantara, P. 2014. Kampanye Museum 10 Nopember Surabaya Dengan Target Audiens Remaja Usia 15- 22 Tahun. Sains D& Seni ITS.
Dewi Ayu Miftahul Jannah, Nurita Andriani, M. A. 2014. Pengaruh Strategi Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Pengunjung Museum Sepuluh Nopember Surabaya. Studi Manajemen Dan Bisnis, 1.
Diky Ritiduian, S. M. 2021. Implementasi Kebijakan Pelestarian Bangunan Cagar Budaya (Studi Pada Bangunan Bekas Penjara Koblen Menjadi Pasar Buah Di Kota Surabaya). Jurnal Administrasi Publik Unesa, Article in press.
Hakim, A. 2010. Museum 10 Nopember Nasibmu Kini.
Kompas.Com.
Hidayat, R. 2015. Perancangan Environmental Graphic Design Museum Sepuluh Nopember Surabaya Sebagai Pendukung Program Wisata Surabaya City
Tour. In Repository Universitas Dinamika. Universitas Dinamika.
Idrus, K. 2015. Kebijakan Manajemen Aset Daerah Dalam Upaya Pelestarian Bangunan Cagar Budaya Di Kota Surabaya [Universitas Airlangga]. http://lib.unair.ac.id
Ismail. 2019. Implementation of Village Financial System Policy in Requiring Village Financial Administration in Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial, 2(2), 37–48.
Kurnia, H., Suryono, A., & Hadi, M. (n.d.).
Impelementasi Perda Kota Surabaya No. 5 Tahun 2005 Tentang Pelestarian bangunan Dan/atau Lingkungan Cagar Budaya Di Kota Surabaya (Suatu Studi Pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya). JAP), 1(5), 1058–1067.
Kurniawan, W. 2020. Implementasi Kebijakan Pembangunan Infrastruktur Jalan Di Kecamatan Tabir Selatan Kabupaten Merangin Dengan Menggunakan Model Donald Van Metter dan Van Horn. Jurnal Manajemen Dan Ilmu Administrasi Publik, 1(4).
Luthfia Zauma. 2014. Implementasi Kebijakan Tentang Yodisasi Terhadap Mutu Garam Pada Industri Garam Skala Kecil Di Kecamatan Kaliori Kabupaten Rembang.Universitas Negeri Semarang.
Malkab, Marnih; Nawawi, Juanda; Mahmud, Alimuddin; Sujiono, E. H. 2015. The Implementer Disposition of Teacher Certification Policy in Indonesia. International Education Studies, 8.
Pemerintah Kota Surabaya. 2016. Profil Kota Surabaya 2016. Cities, 1, 1–146.
https://www.globalcovenantofmayors.org/cities/sur abaya/
Puspaningtyas, A. 2022. Pengembangan Ekonomi Daerah melalui Sektor Unggulan Kota Surabaya dalam Masa Pandemi Covid-19. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 06 (2), 84–90.
Sadia, Aysha; Salleh, Berhannudin Mohd; Kadir, Zulida Abdul ; Sanif, S. 2016. The Relationship between Organizational Communication and Employees
Productivity with New Dimensions of Effective Communication Flow. Journal of Business and Social Review in Emerging Economies. https://doi.org/10.26710/jbsee.v2i2.35
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif. R&D.
Suharno. (2013). Dasar-Dasar Kebijakan Publik: Kajian Proses dan Analisa Kebijakan. Penerbit Ombal.
Surabaya, P. K. 2021. Surat Edaran PPKM Darurat Kota Surabaya (p. 6).
Surya.co.id. 2017. Pemkot Surabaya Wajib Ambil Tindakan Tegas Bila Bangunan Cagar Budaya Tak Dirawat Pemilik. Surabaya Metro. https://surabaya.tribunnews.com/2017/07/23/pemk ot-surabaya-wajib-ambil-tindakan-tegas-bila- bangunan-cagar-budaya-tak-dirawat-pemilik
Usman, N. 2002. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. CV Sinar Baru.
Yaqin, N. 2022. DPRD Surabaya Minta Pemkot Buat Kanal Khusus Cagar Budaya. Faktualnews.Co. https://faktualnews.co/2022/03/25/dprd-surabaya- minta-pemkot-buat-kanal-khusus-cagar- budaya/309886/

