ANALISIS PENERAPAN STRANDAR PELAYANAN PUBLIK PEMBUATAN KTP-EL (KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK) DI DINAS KEPENDUDUK DAN PENCATATAN SIPIL (DISPENDUK CAPIL) KOTA SURABAYA

  • Elga Trisna S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
  • Meirinawati Meirinawati S1 Ilmu Adiministrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Standards of Public Service, Analysis Service, KTP-el

Abstract

Pelayanan publik merupakan wujud dalam memenuhi kepentingan pencatatan sipil dan kependudukan berupa penerapan KTP Elektronik (KTP-el) sehingga dibutuhkan standar pelayanan publik pada instansi pemerintah. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan standar pelayanan publik. Pembuatan KTP-el. di Dispenduk Capil Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan. metode deskriptif dengan pendekatan. kualitatif menggunakan pengumpulan data melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari Pegawai Dispenduk Capil dan masyarakat. Analisis yang digunakan peneliti untuk standar pelayanan. publik menurut PERMENPAN RB Nomor 15 Tahun 2014 tentang. Pedoman. Standar Pelayanan terdiri dari identifikasi persyaratan kebutuhan tiap-tiap jenis layanan KTP-el, identifikasi prosedur mempunyai tahapan Standar Operasional Prosedur pelayanan, identifikasi waktu dalam menyelesaikan tiap jenis layanan, identifikasi besaran biaya/tarif saat mendapatkan pelayanan, identifikasi produk pelayanan berupa luaran pelayanan yang didapat dan identifikasi penanganan pengelolaan pengaduan mengenai berbagai bentuk mekanisme pengelolaan pengaduan.
Hasil analisis menunjukkan penerapan pelayanan publik pembuatan KTP-el sudah berjalan sesuai pedoman standar pelayanan namun belum sepenuhnya optimal. Dilihat dari identifikasi persyaratan ditemukan pemohon masih membawa persyaratan yang kurang dan identifikasi waktu masih belum maksimal apabila blanko tidak tersedia. Saran yang dapat diberikan pada permasalahan persyaratan bagi penyelenggara layanan seharusnya mensosialisasikan informasi persyaratan pembuatan KTP-el sesuai kebutuhan tiap jenis pelayanan serta bagi masyarakat dapat memanfaatkan media elektronik pada channel yang disediakan Dispenduk Capil mengingat pentingnya mengurus dokumen pencatatan sipil dan saran batas waktu penyelesaian pembuatan KTP-el dapat memberikan pelayanan sesuai yang dijanjikan pun ketelitian penginputan kependudukan pada data center serta ketepatan penyelesaian penerbitan KTP-el bagi pemerintah lebih memperhatikan ketersediaan blanko.

Kata Kunci: Standar Pelayanan Publik, Analisis Pelayanan, KTP-el.

Public service is a form of fulfilling the interests of civil and population registration in the form of the application of an Electronic KTP (KTP-el) so that public service standards are needed in government agencies. This study aims to describe the application of public service standards makin KTP-el at the Civil Registration Office of the City of Surabaya. This research uses descriptive method with approach Qualitatively using data collection through interview, observation and documentation techniques. The rearch subjects consisted of the Employees Civil Registration Office and the community. The analysis used by researchers of service standards according to PERMENPAN RB Number 15 of 2014 concering Guideliness Service Standards consist of identifying the requirements for each type of KTP-el service, identification of procedures with stages of Standard Operating Procedures for services, identification of time to complete each type of service, identification of the amount of fees/tariffs when receiving services, identification of service products in the form of service outputs obtained and identification of handling complaints regarding various forms of complaint management mechanisms.

The results of the analysis show that the implementation of public services for making KTP-el has been running according to service standards guidelines but is not yet fully optimal. Judging from the identification of the requirements, it was found that the applicant still brought the requirements that were lacking and the identification time was still not maximized if the form was not available. Suggestions that can be given on the issue of requirements for service providers should disseminate information on the requirements for making KTP-el according to the needs of each type of service and for the public to use electronic media on channels provided by the Civil Registration Office, considering the importance of taking care of civil registration documents and suggestions for the deadline for completing the KTP-el making can provide service as promised, even if the accuracy of population input at the data center and the accuracy of completing the issuance of KTP-el for the government pays more attention to the availability of forms.

Keywords: Standards of Public Service, Analysis Service, KTP-el

References

Antariksa, Ogin. 2017. “Strategi Peningkatan Pelayanan Pembuatan E-KTP Oleh Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya.” Unair 5(September 2016): 1–8.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur. 2022. Jumlah Penduduk Menurut Jenis Kelamin dan Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Timur (Jiwa). 2021-2023. (https://jatim.bps.go.id/indicator/12/375/1/jumlah-penduduk-provinsi-jawa-timur.html)

Chang, Younghoon, Siew Fan Wong, Christian Fernando Libaque-Saenz, and Hwansoo Lee. 2018. “The Role of Privacy Policy on Consumers’ Perceived Privacy.” Government Information Quarterly 35(3): 445–59. https://doi.org/10.1016/j.giq.2018.04.002.

Congge, Umar. 2017. Patologi Administrasi Negara. eds. Kiki Rasmala Sani and Sobirin. Makassar: CV. Sah Media.
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Surabaya. 2020. Ayo Cekatan! (Cek Kartu Tanda Penduduk Anda). Surabaya. (http://dispendukcapil.surabaya.go.id./)

Eprilianto, Deby Febriyan, Yuyun Eka Kartika Sari, and Boni Saputra. 2019. “Mewujudkan Integrasi Data Melalui Implementasi Inovasi Pelayanan Kesehatan Berbasis Teknologi Digital Deby Febriyan Eprilianto Yuyun Eka Kartika Sari Boni Saputra Abstrak.” Journal of Public Sector Innovations 4(1): 30–37. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpsi/article/view/6447.

Hany Fanida, Eva. 2018. “Faktor-Faktor Kesuksesan Penerapan Aplikasi Taprose (Tuban Public Report Services) Temanku Di Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Tuban.” Publika 6(5): 73–77.

Liando, D M. 2013. “The Influence Of Population Administrative Policy Implementation On The Quality Of Id Card Service.” Bisnis & Birokrasi: Jurnal Ilmu Administrasi dan … 19(2). http://www.ijil.ui.ac.id/index.php/jbb/article/viewArticle/1885.

Matei, Ani, and Gaita Camelia. 2015. “Public Service in Romania and Its Role in the Development of the Administrative Capacity.” Procedia Economics and Finance 23(October 2014): 982–85. http://dx.doi.org/10.1016/S2212-5671(15)00440-2.

Meirinawati, and Indah Prabawati. 2015. “Definisi, Prinsip, Karakteristik Pelayanan Publik.” Jurnal Administrasi Publik 12(1): 45–54.

Mutimukwe, Chantal, Ella Kolkowska, and Åke Grönlund. 2020. “Information Privacy in E-Service: Effect of Organizational Privacy Assurances on Individual Privacy Concerns, Perceptions, Trust and Self-Disclosure Behavior.” Government Information Quarterly 37(1): 101413. https://doi.org/10.1016/j.giq.2019.101413.
Muchlis. 2022. Imbas Blanko Kosong, Warga Surabaya Belum Bisa Cetak e-KTP. Kompas.com. (https://surabaya.kompas.com/read/2022/03/16/182452178/imbas-blanko-kosong-warga-surabaya-belum-bisa-cetak-e-ktp?page=all.)

Oktariyanda, T, and DF Eprilianto. 2019. “Standardization of the Integrated District Administration Services Program to Optimize Public Services in Sidoarjo Regency.” 383(Icss): 353–56.

Peraturan Menteri Pendayaguanaan Aparatur Negara Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 9 Tahun 2011 tentang Pedoman Penerbitan Kartu Tanda Penduduk Berbasis Nomor Induk Kependudukan Secara Nasional

Peraturan Walikota Surabaya Nomor 10 Tahun 2022 tentang Tata Cara Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan

Rakhmah, Arlita. 2016. “Kualitas Pelayanan Publik Dalam Pembuatan Ktp-El (Kartu Tanda Penduduk Elektronik) Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Dispenduk Capil) Surabaya.” Publika 4(9): 1–7.

Sellang, Kamaruddin, Jamaluddin, and Ahmad Mustanir. 2019. Strategi Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Dimensi, Konsep, Indikator Dan Implementasinya. CV. Penerbit Qiara Media.

Shaikh, Asif Zaheer, Ume Laila Shah, and Chamila Wijekuruppu. 2016. “Public Service Delivery and E-Governance : The Case of Pakistan National University of Science and Technology , Pakistan.” International; Journal for Infonomics 9(2): 1161–70.

Sinambela, Lijan Poltak. 2006. Reformasi Pelayanan Publik: Teori, Kebijakan Dan Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutriadi, Edi, and Djamil Hasim. 2018. “Keefektifan Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik Pada Dinas Kependudukan , Catatan Sipil , Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Soppeng The Effectiveness of Electronic Resident ID Card Services at the Demographic Affairs Office , Civil Registratio.” Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Publik 8(3): 27–36.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
Published
2022-08-02
Section
Articles
Abstract Views: 677
PDF Downloads: 1053