IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN MAHASISWA DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • Syahrul Ramadhan S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Suci Megawati S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
Keywords: Education, Public Policy, Student Quality

Abstract

 

Pendidikan adalah pilar yang sangat menentukan bagi kemajuan suatu bangsa (H. Fuad Ihsan). Kebijakan merdeka belajar-kampus merdeka adalah Kebijakan untuk mendorong mahasiswa menguasai berbagai ilmu pengetahuan sesuai dengan bidang keahlian. Artikel Ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran terkait proses implementasi kebijakan merdeka belajar kampus merdeka dalam meningkatkan kualitas Pendidikan mahasiswa di Universitas Negeri Surabaya dan apa saja kendalanya. Metode yang digunakan yakni pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Hasil Penelitian Ini menunjukkan Bahwa Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dalam meningkatkan Kualitas Pendidikan Mahasiswa di Universitas Negeri Surabaya telah berjalan dari tahun 2020 dan sebelum penerapannya Universitas Negeri Surabaya telah melakukan kegiatan dibeberapa fakultas sebagai contohnya difakultas Teknik mengirim mahasiswa ke jepang untuk mengikuti pertukaran mahasiswa. Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar telah sesuai dengan Teori (George Edward III) berjalan dengan sangat baik dan Implementasinya menjadi percontohan Perguruan tinggi negeri dalam menerapkan MBKM dari komunikasi berjalan dua arah, sarana prasarana sudah banyak yang menunjang,didukung oleh keputusan rektorat. meskipun pada pelaksanaan masih terdapat kendala seperti Ada Beberapa yang harus dibenahi oleh universitas negeri Surabaya seperti Peningkatan sosialisasi terhadap fakultas dan mahasiswa , peningkatan kemitraan dan memperbaiki sistem manajemen pengelolaan MBKM

Kata Kunci: Pendidikan, Kebijakan Publik, Kualitas Mahasiswa

Education is a very decisive pillar for the progress of a nation (H. Fuad Ihsan). The independent learning- campus policy is a policy to encourage students to master various sciences according to their field of expertise. This article aims to get an overview of the implementation process of the independent campus learning policy in improving the quality of student education at the State University of Surabaya and what the obstacles are. The method used is a qualitative approach with a descriptive type. The results of this study indicate that the implementation of the Independent Learning Campus Policy in improving the Quality of Student Education at the State University of Surabaya has been running since 2020 and before its implementation, the State University of Surabaya had carried out activities in several faculties, for example, the Faculty of Engineering sent students to Japan to participate in student exchanges. The implementation of the Free Learning Policy in accordance with Theory (George Edward III) went very well and its implementation became a model for state universities in implementing MBKM from two-way communication, many supporting infrastructure facilities, supported by the rectorate's decision. although in the implementation there are still obstacles such as there are several that must be addressed by the Surabaya state university such as increasing socialization to faculty and students, increasing partnerships and improving the MBKM management system

Keywords: Education , Public Policy , Student Quality

References

Arifin, Syamsul & Muslim, Mohammad. 2020. Tantangan implementasi kebijakan “Merdeka Belajar, Kampus Merdeka” pada perguruan tinggi islam swasta di indonesia. eJurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 3 (1), 589-600
Buku Panduan “Merdeka Belajar Kampus Merdeka” http://dikti.kemdikbud.go.id/wp content/uploads/2020/0 4/Buku-Panduan-Merdeka
Buku Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi MBKM (2020)
https://dikti.kemdikbud.go.id/wp content/uploads/2020/ 10/Buku-Panduan-Penyusunan-K

Fuadi, T.M. & Aswita, D. (2021). Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM): Bagaimana Penerapan Dan Kedala Yang Dihadapi Oleh Perguruan Tinggi Swasta Di Aceh. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 5(2), 603–614

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. Panduan singkat magang dan studi independen bersertifikat untuk mahasiswa. http://dikti.kemdikbud.go.id/wp content/uploads/2021/0 7/Panduan-Pendaftaran-Magang-Studi-Ind

Lutfi, I. Mardianai, R (2020). Merdeka Belajar Kampus Merdeka Policy: How Does It Affect the Sustainability on Accounting Education in Indonesia? Jurnal Dinamika Pendidikan, 15 (2): 243-253.

Miles, M.B & Huberman, A.M. 1992. Analisis data kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Moleong, Lexi, J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, Pub. L. No. Nomor 3 Tahun 2020 (2020).
https://lldikti13.ristekdikti.go.id/wpcontent/uploads/2020/ 01/Permendikbud-Nomor-3-Tahun 2020.pdf.

Nugroho, Riant. 2004. Kebijakan publik: Formulasi, Implementasi, dan Evaluasi. 3nd ed. Jakarta: PT Gramedia .

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Putra, H. B., & Rahaju, T. (2019). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Di SDN Gading 1 Kota Surabaya. Publika, 7(7).

Asmara, A. Y. (2016). Pentingnya Riset Kebijakan dalam Pembuatan Kebijakan Publik Unggul di Indonesia. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 1(1), 37-46. https://doi.org/10.26740/jpsi.v1n1

Sulistiyani, E., Khamida., Soleha, U., Amalia, R., Hartatik, S., Putra, R, S.,Budiarti, R, P., Andini, Ary.,(2022). Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Pada fakultas Kesehatan dan non Kesehatan. Edukatif :Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 4, Hal 686-698

Nugroho, R., Puspitasari, R.,(2021). Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka FISIP UPN Jawa Timur. Jurnal Ilmu Administrasi Negara

Nugroho, Riant. 2014. Kebijakan Publik di Negara- negara Berkembang. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Pahlawan A.Y., Priyansyah R., Mashuri M.A. 2020, Penerapan Kebijakan Sistem Pendidikan Nasional dalam Pembentukan Mahasiswa Berkarakter Multikultural (Studi UPNVJT), Public Administration Journal of Research, 2 (3), 326-335


Susetyo. 2020. Seminar Nasional Bahasa dan Sastra. Permasalahan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Open Journal Sistem Universitas Bengkulu. 3 (1), 29-4

Susilawati, N. (2021). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Humanisme. Jurnal Sikola, 2 (3): 203-219.
Published
2022-12-27
Section
Articles
Abstract Views: 582
PDF Downloads: 1525