IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN MAHASISWA DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Penulis

  • Syahrul Ramadhan S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Suci Megawati S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26740/publika.v11n1.p1581-1592

Kata Kunci:

Pendidikan, Kebijakan Publik, Kualitas Mahasiswa

Abstrak

Pendidikan adalah pilar yang sangat menentukan bagi kemajuan suatu bangsa (H. Fuad Ihsan). Kebijakan merdeka belajar-kampus merdeka adalah Kebijakan untuk mendorong mahasiswa menguasai berbagai ilmu pengetahuan sesuai dengan bidang keahlian. Artikel Ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran terkait proses implementasi kebijakan merdeka belajar kampus merdeka dalam meningkatkan kualitas Pendidikan mahasiswa di Universitas Negeri Surabaya dan apa saja kendalanya. Metode yang digunakan yakni pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Hasil Penelitian Ini menunjukkan Bahwa Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dalam meningkatkan Kualitas Pendidikan Mahasiswa di Universitas Negeri Surabaya telah berjalan dari tahun 2020 dan sebelum penerapannya Universitas Negeri Surabaya telah melakukan kegiatan dibeberapa fakultas sebagai contohnya difakultas Teknik mengirim mahasiswa ke jepang untuk mengikuti pertukaran mahasiswa. Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar telah sesuai dengan Teori (George Edward III) berjalan dengan sangat baik dan Implementasinya menjadi percontohan Perguruan tinggi negeri dalam menerapkan MBKM dari komunikasi berjalan dua arah, sarana prasarana sudah banyak yang menunjang,didukung oleh keputusan rektorat. meskipun pada pelaksanaan masih terdapat kendala seperti Ada Beberapa yang harus dibenahi oleh universitas negeri Surabaya seperti Peningkatan sosialisasi terhadap fakultas dan mahasiswa , peningkatan kemitraan dan memperbaiki sistem manajemen pengelolaan MBKM

Kata Kunci: Pendidikan, Kebijakan Publik, Kualitas Mahasiswa

 

Education is a very decisive pillar for the progress of a nation (H. Fuad Ihsan). The independent learning- campus policy is a policy to encourage students to master various sciences according to their field of expertise. This article aims to get an overview of the implementation process of the independent campus learning policy in improving the quality of student education at the State University of Surabaya and what the obstacles are. The method used is a qualitative approach with a descriptive type. The results of this study indicate that the implementation of the Independent Learning Campus Policy in improving the Quality of Student Education at the State University of Surabaya has been running since 2020 and before its implementation, the State University of Surabaya had carried out activities in several faculties, for example, the Faculty of Engineering sent students to Japan to participate in student exchanges. The implementation of the Free Learning Policy in accordance with Theory (George Edward III) went very well and its implementation became a model for state universities in implementing MBKM from two-way communication, many supporting infrastructure facilities, supported by the rectorate's decision. although in the implementation there are still obstacles such as there are several that must be addressed by the Surabaya state university such as increasing socialization to faculty and students, increasing partnerships and improving the MBKM management system

Keywords: Education , Public Policy , Student Quality

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2022-12-27

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 1122 , PDF Downloads: 2808