INOVASI PELAYANAN MELALUI APLIKASI “AYO KE LOMBOK” UNTUK MENINGKATKAN MINAT WISATAWAN (STUDI DI DINAS PARIWISATA LOMBOK BARAT)

  • Baharudin Akbar S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
  • Trenda Aktiva Oktariyanda S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Public services, Services Innovation, Application Ayo Kelombok

Abstract

Sesuai yang tertuang pada Peraturan Daerah NTB Nomor 5 Tahun 2008 tentang Urusan Pemerintahan Provinsi NTB Pasal 1 Ayat (5) urusan pemerintahan adalah fungsi-fungsi pemerintahan yang menjadi hak dan kewajiban pemerintah daerah provinsi untuk mengatur dan mengurus fungsi-fungsi tersebut dalam rangka melindungi, melayani dan mensejahterakan masyarakat. Bentuk inovasi pelayanan yang diterbitkan oleh Dinas Pariwisata Lombok Barat adalah aplikasi Ayo Ke Lombok. Penelitian ini dilakukan di Dinas Pariwisata Lombok Barat yang bertujuan untuk mendeskripsikan inovasi pelayanan melalui aplikasi Ayo Kelombok. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif. Fokus penelitian yang akan dianalisis dengan menggunakan teori faktor sukses  inovasi e-Government oleh Kalvet (2012). Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan studi literatur. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data yaitu, reduksi data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa inovasi pelayanan melalui aplikasi Ayo Kelombok sudah memenuhi enam faktor pendukung suksesnya inovasi e-Goverment berdasarkan teori Kalvet (2012). Faktor kepemimpinan, dimana pemimpin yang efektif adalah pemimpin yang mampu menyesuaikan gaya memimpin dan beradaptasi. Faktor pendanaan, dimana dana pembuatan aplikasi ini berasal dari Dana Insentif Daerah dan Dana Alokasi Umum. Faktor dukungan legislatif dan peraturan sudah terpenuhi dengan adanya dukungan anggota dewan dan Perda tentang Inovasi Daerah. Faktor pengembangan infrastruktur teknologi informasi (strategis) sudah terpenuhi berkat adanya ITEC sebagai pengembang aplikasi. Faktor kemitraan publik-swasta, dimana Dinas Pariwisata Lombok Barat berkerja sama dengan ITEC . Faktor kompetensi sektor swasta swasta sangat memenuhi karena latar belakang dari ITEC dan CV. Bima Jaya.

As stated in the NTB Regional Regulation Number 5 of 2008 concerning NTB Provincial Government Affairs Article 1 Paragraph (5) government affairs are government functions which are the rights and obligations of the provincial regional government to regulate and manage these functions in order to protect, serve and welfare of society. The form of service innovation published by the West Lombok Tourism Office is the Ayo Ke Lombok application. This research was conducted at the West Lombok Tourism Office which aims to describe service innovation through the Ayo Kelombok application. Research using qualitative research methods. The research focus will be analyzed using the success factor theory of e-Government innovation by Kalvet (2012). Data collection techniques in research are observation, interviews, documentation and literature studies. Data analysis techniques use data analysis techniques, namely, data reduction, data verification and drawing conclusions. The results of this study indicate that service innovation through the Ayo Kelombok application has fulfilled six factors supporting the success of e-Government innovation based on Kalvet theory (2012). Leadership factors, where an effective leader is a leader who is able to adjust the style of leadership and adapt. The funding factor, where the funds for making this application come from the Regional Incentive Fund and the General Allocation Fund. Legislative and regulatory support has been fulfilled with the support of members of the council and the Regional Regulation on Regional Innovation. Information technology infrastructure development factors (strategic) have been fulfilled thanks to ITEC as an application developer. The public-private partnership factor, where the West Lombok Tourism Office is working with ITEC. The private sector competency factor is very fulfilling because of the background from ITEC and CV. Bima Jaya.

References

Aritonang, D. M. (2017). The Impact Of
E-Goverment System On Public Services Quality In Indonesia. European Scientific Journal. Vol. 13. No. 35.

Bupati Lombok Barat Provinsi Nusa Tenggara Barat. (2019). Peraturan Daerah Kabupaten Lombok Barat Nomor 10 Tahun 2019 Tentang Inovasi Daerah.

Cahyaningrum. A, Nugroho. A., R. (2019).
INOVASI PELAYANAN MELALUI APLIKASI “DUKCAPIL DALAM GENGGAMAN” OLEH DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA
SURAKARTA. Jurnal Ilmu Administrasi Publik. 7 (2) : 103-115.

Disbudpar.ntbprov.go.id. 2021. Angka kunjungan wisatawan ke NTB. Diakses Tanggal 20 Februari 2022.

Eprilianto. Deby Febriyan, Sari, Yuyun Eka Kartika & Saputra, Boni. (2019) Mewujudkan Integrasi Data Melalui Implementasi Pelayanan Kesehatan Berbasis Teknologi Digital. Journal of public sector innovations. Vol. 4, No. 1.

Farida Ida, Refly. S, Anastasia. S. M & Masayu.
N. J. (2020). The Implementation of E- Goverment in the Idustrialrevolution Era
4.0 in Indonesia. International Journals of Progressive Sciences and Technologie.Vol. 22. No. 22.

Isaac Kofi Mensah (2019): Impact of Government Capacity and E-Government Performance on the Adoption of E-Government Services. International Journal of Public Administration.DOI: 10.1080/01900692.2019.1628059.

Karyono. O & Agustina. K. (2019). Determining The Priority Strategy In The Implementation Of E-Goverment Through Swot Analysis Model. Budapest International Research And Critics Institute-Journal. Vol. 2. No. 2.

Kalvet, T. (2012). Innovation: A Factor explaining e-goverment success in Estonia. Electronic Goverment, An International Journal, 9,142-157.

Moleong, J lexy. (2011). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Musaddad. A. A, W. K. Faizin Ahzani , Mei Susilowati & Lukman Arif. (2020). IMPLEMENTASI SISTEM PELAYANAN RAKYAT SIDOARJO (PRAJA) SEBAGAI INOVASI
PELAYANAN PUBLIK. Jurnal Syntax Transformation. Vol 1, No. 6

Mustafa Delly, Farida. U & Yusriadi. (2020). The Effectiveness Of Public Services Through Makasar City. International Journal Of Scientific & Tecnologi Research. Vol. 9. No. 1.

Maysara, As’ari Hasim. (2021). INOVASI PELAYANAN PUBLIK MELALUI SISTEM APLIKASI POTENSI INVESTASI (SIAPI) DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU
KOTA DUMAI. Jurnal Manajemen dan Ilmu Administrasi Publik. Vol 3, No. 3.

Mustafa Delly, Farida. U & Yusriadi. (2020). The Effectiveness Of Public Services Through Makasar City. International Journal Of Scientific & Tecnologi Research. Vol. 9. No. 1.

Oktariyanda, T. A., & T. Rahaju. (2018).
E-Goverment Strategy of Surabaya city goverment through e-rt / rw to improve the quality of public service. Journal of Phisics: Conference of Series, 953(1).

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat. (2008). Peraturan Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat Nomor 5 Tahun 2008 Tentang Urusan Pemerintahan Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Pemerintah provinsi nusa tenggara barat. (2013).
Peraturan daerah provinsi nusa tenggara barat nomor 7 tahun 2013 tentang rencana induk pembangunan pariwisata daerah (RIPPARDA).
Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat. (2019). Peraturan Bupati Lombok Barat Nomor 53 Tahun 2019 Tentang Rencana Strategi Perangkat Daerah Kabupaten Lombok Barat Tahun 2019-2024.

Saputra. T, Marlinda. P, & Sufi. W. (2019).
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN INOVASI PELAYANAN PUBLIK DI PUSKESMAS JAYA MUKTI DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN
MASYARAKAT. Jurnal Niara. Vol 11, No. 2.

Zica, T. D & Fanida, E. H. (2022). Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan (ADMINDUK) Melalui Aplikasi Administrasi Kependudukan Cepat Akurat Terintegrasi (PANDU CAKTI) Di Kantor Dispendukcapil Kabupaten Tulungagung. Journal Publika.Vol. 10. No. 2.
Published
2023-01-19
Section
Articles
Abstract Views: 253
PDF Downloads: 351