INOVASI PELAYANAN MELALUI APLIKASI “AYO KE LOMBOK” UNTUK MENINGKATKAN MINAT WISATAWAN (STUDI DI DINAS PARIWISATA LOMBOK BARAT)
DOI:
https://doi.org/10.26740/publika.v11n2.p1735-1746Keywords:
Public services, Services Innovation, Application Ayo KelombokAbstract
Sesuai yang tertuang pada Peraturan Daerah NTB Nomor 5 Tahun 2008 tentang Urusan Pemerintahan Provinsi NTB Pasal 1 Ayat (5) urusan pemerintahan adalah fungsi-fungsi pemerintahan yang menjadi hak dan kewajiban pemerintah daerah provinsi untuk mengatur dan mengurus fungsi-fungsi tersebut dalam rangka melindungi, melayani dan mensejahterakan masyarakat. Bentuk inovasi pelayanan yang diterbitkan oleh Dinas Pariwisata Lombok Barat adalah aplikasi Ayo Ke Lombok. Penelitian ini dilakukan di Dinas Pariwisata Lombok Barat yang bertujuan untuk mendeskripsikan inovasi pelayanan melalui aplikasi Ayo Kelombok. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif. Fokus penelitian yang akan dianalisis dengan menggunakan teori faktor sukses inovasi e-Government oleh Kalvet (2012). Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan studi literatur. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data yaitu, reduksi data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa inovasi pelayanan melalui aplikasi Ayo Kelombok sudah memenuhi enam faktor pendukung suksesnya inovasi e-Goverment berdasarkan teori Kalvet (2012). Faktor kepemimpinan, dimana pemimpin yang efektif adalah pemimpin yang mampu menyesuaikan gaya memimpin dan beradaptasi. Faktor pendanaan, dimana dana pembuatan aplikasi ini berasal dari Dana Insentif Daerah dan Dana Alokasi Umum. Faktor dukungan legislatif dan peraturan sudah terpenuhi dengan adanya dukungan anggota dewan dan Perda tentang Inovasi Daerah. Faktor pengembangan infrastruktur teknologi informasi (strategis) sudah terpenuhi berkat adanya ITEC sebagai pengembang aplikasi. Faktor kemitraan publik-swasta, dimana Dinas Pariwisata Lombok Barat berkerja sama dengan ITEC . Faktor kompetensi sektor swasta swasta sangat memenuhi karena latar belakang dari ITEC dan CV. Bima Jaya.
As stated in the NTB Regional Regulation Number 5 of 2008 concerning NTB Provincial Government Affairs Article 1 Paragraph (5) government affairs are government functions which are the rights and obligations of the provincial regional government to regulate and manage these functions in order to protect, serve and welfare of society. The form of service innovation published by the West Lombok Tourism Office is the Ayo Ke Lombok application. This research was conducted at the West Lombok Tourism Office which aims to describe service innovation through the Ayo Kelombok application. Research using qualitative research methods. The research focus will be analyzed using the success factor theory of e-Government innovation by Kalvet (2012). Data collection techniques in research are observation, interviews, documentation and literature studies. Data analysis techniques use data analysis techniques, namely, data reduction, data verification and drawing conclusions. The results of this study indicate that service innovation through the Ayo Kelombok application has fulfilled six factors supporting the success of e-Government innovation based on Kalvet theory (2012). Leadership factors, where an effective leader is a leader who is able to adjust the style of leadership and adapt. The funding factor, where the funds for making this application come from the Regional Incentive Fund and the General Allocation Fund. Legislative and regulatory support has been fulfilled with the support of members of the council and the Regional Regulation on Regional Innovation. Information technology infrastructure development factors (strategic) have been fulfilled thanks to ITEC as an application developer. The public-private partnership factor, where the West Lombok Tourism Office is working with ITEC. The private sector competency factor is very fulfilling because of the background from ITEC and CV. Bima Jaya.
Downloads

