STRATEGI PENGEMBANGAN KAWASAN WISATA ALUN-ALUN MELALUI CITY BRANDING “MADINAH VAN JAVA” DI KOTA PASURUAN (STUDI IMPLEMENTATIF KAWASAN WISATA ALUN-ALUN KOTA PASURUAN)

  • Diana Sari Agustiningsih S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan llmu Politik, Universitas Negeri Surabaya
  • Trenda Aktiva Oktariyanda S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan llmu Politik, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Development Strategy, tourism, square

Abstract

Strategi dapat didefinisikan sebagai bentuk tindakan yang dilakukan dengan membuat skema memanfaatkan kemampuan sumber daya sehingga mampu mencapai target dengan efisien dan efektif. Salah satu strategi digunakan dalam upaya pengembangan sektor pariwisata dilakukan oleh Pemerintah Kota Pasuruan melalui revitalisasi kawasan alun-alun dan sebagai upaya mendukung branding Kota Pasuruan. Adapun penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis Strategi Pengembangan Wisata Kawasan Alun-Alun Sebagai Upaya Mendukung City Branding “Madinah Van Java” Studi pada Kawasan Alun-Alun Kota Pasuruan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, studi literatur, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi fokus penelitian ini adalah berdasarkan Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2020, yang terdiri atas aksesibilitas, amenitas, atraksi, dan promosi. Hasilnya aksesibilitas di kawasan wisata alun-alun Kota Pasuruan sangat mudah karena letaknya yang strategis dan berada di tengah-tengah kota. Dari segi amenitas, sudah dinilai sudah cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan para pengunjung. Dari segi atraksi atau daya tarik wisata, menghadirkan konsep wisata modern yang berbalut dengan religi yang dikonsep secara menarik. Untuk strategi promosi, melalui instagram, TikTok, youtube, website, serta melalui para pemandu wisata di Tourism Information Center (TIC) dan Duta Wisata Kota Pasuruan. Selain itu, hasilnya dapat dikatakan bahwa mampu mendukung branding “Madinah van Java”. Saran untuk pengembangan wisata, ini dengan menambah membangun area parkir, tempat berjualan, membuat aturan yang tegas, sosialisasi peran TIC, membuat event, dan mendesain ulang tampilan website.

Strategy can be defined as a form of action taken by making a scheme to utilize resource capabilities so as to achieve targets efficiently and effectively. One of the strategies used in efforts to develop the tourism sector was carried out by the Pasuruan City Government through the revitalization of the square area and as an effort to support the branding of Pasuruan City. This research aims to describe and analyze the Tourism Development Strategy of the Square Area as an Effort to Support City Branding “Madinah Van Java” Study on the Pasuruan City Square Area. This research uses descriptive qualitative research methods with data collection methods through interviews, observations, literature studies, and documentation. The focus of this research is based on the Regulation of the Minister of Tourism and Creative Economy / Head of the Tourism and Creative Economy Agency of the Republic of Indonesia Number 12 of 2020, which consists of accessibility, amenity, attractions, and promotion. The result is that accessibility in the Pasuruant City square tourist area is very easy because of its strategic location and is in the middle of the city. In terms of amenity, it is considered complete enough to meet the needs of visitors. In terms of attractions or tourist attractions, presenting the concept of modern tourism wrapped in religion which is conceptualized in an attractive manner. For promotional strategies, through Instagram, TikTok, YouTube, websites, as well as through tour guides at the Tourism Information Center (TIC) and the Pasuruan City Tourism Ambassador. In addition, the results can be said that it is able to support the branding of “Madinah van Java”. Suggestions for tourism development, this is by adding to building parking areas, selling places, making strict rules, socializing the role of TIC, creating events, and redesigning the appearance of the website.

References

Anisa, A. (2017). Meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui pembelajaran IPA berbasis potensi lokal Jepara. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 1. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i1.8607

Arsvendo, D., Khotimah, K., & Fitrianto, A. R. (2022). Pengembangan Wisata Religi Sebagai Pariwisata Berkelanjutan di Kota Pasuruan. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 9(2018), 97. https://doi.org/10.24843/jumpa.2022.v09.i01.p05

Badan Pemeriksa Keuangan Jatim. 2023. Pembangunan Tahap Dua Payung Madinah Mulai Dikerjakan, (Online), (https://jatim.bpk.go.id/dari-media/pembangunan-tahap-dua-payung-madinah-mulai-dikerjakan/, diakses pada 12 Januari 2024, pukul 22.16 WIB).

David, Fred R. dan David, Forest R. (2019). Manajemen Strategik: Suatu Pendekatan Keunggukan Bersaing. Jakarta: Salemba Empat.

Eva Hany Fanida, Indah Prabawati, Fitrotun Niswah, & Trenda Aktiva Oktariyanda. (2018). Membangun City Branding Sparkling Surabaya Melalui Layanan Bus Surabaya Shopping and Culinary Track (Ssct). Aplikasi Administrasi: Media Analisa Masalah Administrasi, 21(2), 98–107. https://doi.org/10.30649/aamama.v21i2.90

Febrianti, E., & Eprilianto, D. F. (2023). Analisis Peran Stakeholders Daerah Dalam Pengembangan City Branding “Lamongan Megilan.” Publika, 11(2), 1849–1862. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/publika/article/view/51087/41801

Instruksi Walikota Pasuruan Nomor 1738 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat Kota Pasuruan

Jayanti, N. P. (2019). Pengembangan Objek Wisata Pantai Gandoriah Kota Pariaman. Jurnal Pariwisata, 6(2), 141–146. https://doi.org/10.31311/par.v6i2.5691

Pakasi, D. A., Lemy, D. M., & Juliana, A. P. (2023). Potensi Makan Bajamba Sebagai Wisata Gastronomi Kampung Budaya Nagari Jawi-Jawi Sumatera Barat. 14, 30–36. https://doi.org/10.31294/khi.v14i1.13991

Prabaningrum, R. W., & Oktariyanda, T. A. (2021). Manajemen Strategi Program Sekolah Lapang Pertanian di Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro. Publika, 09, Nomor, 239–252.

Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nomor 12 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 2020-2024

Rahmadanty, W. M. (2023). Pengaruh Tourist Attraction , Aksesibilitas Dan Amenitas Terhadap Citra Destinasi Untuk Meningkatkan Keputusan Berkunjung Destinasi Monumen Nasional ( Monas ). 18(1), 1–17.

Ruray, T. A., & Pratama, R. (2020). Pengaruh Daya Tarik dan Aksesibilitas Terhadap Keputusan Bekunjung pada Objek Wisata Pantai Akesahu Kota Tidore Kepulauan. Jurnal Kawasa, 11(2), 29–38. http://www.jurnal.ummu.ac.id/index.php/kawasa/article/view/443

Sahda Salsabila, & Theodosia C. Nathalia. (2023). Pengaruh Atraksi Wisata Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Taman Mini Indonesia Indah Pasca Revitalisasi. Journal Of Tourism And Economic, 6(2), 195–206. https://doi.org/10.36594/jtec/e6v6n2a5

Oktariyanda, T. A., & Rahaju, T. (2018a). E-government strategy of Surabaya city government through e-rt / rw to improve the quality of public service. Journal of Physics: Conference Series, 953(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/953/1/012161

Tifany, M., & Meirinawati, M. (2023). Strategi Dinas Kebudayaan, Kepemudaan Dan Olahraga, Serta Pariwisata Kota Surabaya Dalam Optimalisasi Wisata Tunjungan Romansa. Publika, 1763–1778. https://doi.org/10.26740/publika.v11n2.p1763-1778

Widiartiningtyas, W., & Pradana, G. W. (2021). Pengembangan Kawasan Wisata Tani Betet Dalam Era New Normal Di Desa Betet Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk. Publika, 9(3), 307–322. https://doi.org/10.26740/publika.v9n3.p307-322

Yomi, W. G., Adnan, M. F., & Alhadi, Z. (2019). Pengembangan Objek Wisata Nagari Tuo Pariangan Oleh Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Tanah Datar. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 3(1), 6. https://doi.org/10.26740/jpsi.v3n1.p6-11

Published
2024-06-10
Section
Articles
Abstract Views: 10
PDF Downloads: 8