Kajian Aspek Responsivitas Pemerintah dalam Pembangunan dan Pengelolaan Jalan Raya Rute Nasional (Studi Pada Pengelolaan Jalan Raya Nasional di Kabupaten Lamongan)

Authors

  • AKHMAD DWI FIRNANDA
  • MUHAMMAD FARID MARUF

DOI:

https://doi.org/10.26740/publika.v6n7.p%25p

Abstract

Pemeliharaan dan pengelolaan jalan merupakan upaya untuk pencegahan, perawatan dan perbaikan yang diperlukan untuk memepertahankan kondisi jalan agar tetap optimal. Untuk melakukan pemeliharaan dan perawatan jalan diperlukan responsivitas dari petugas dalam memperbaiki jalan raya. Tujuannya adalah untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dan agar kondisi jalan raya tetap terawat dengan baik.

Penelitian ini mendeskripsikan dan menganalisis responsivitas petugas dalam melakukan perawatan dan pengelolaan pada jalan Nasional di Kabupaten Lamongan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif. Adapun narasumber dari penelitian ini adalah Petugas Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII, Petugas Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), dan masyarakat secara umum yang melintasi jalan Nasional. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menjelaskan bagaimana responsivitas petugas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat terkait dengan jalan Nasional di Kabupaten Lamongan yang membutuhkan perawatan dan Pengelolaan. Secara umum, responsivitas petugas dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat kurang responsif. Akan tetapi, petugas sudah berusaha semaksimal mungkin dalam pengelolaan dan perawatan jalan nasional sesuai dengan pedoman dari Kementerian. Harapan dengan kurang responsifnya petugas dalam melakukan penanganan terhadap jalan Nasional yang rusak dan bermasalah adalah dengan segera memberikan sosialisasi kepada masyarakat mengenai peran yang dimilikinya.

Kata Kunci : Responsivitas, Pelayanan Publik, Jalan Nasional.


Maintenance and management of roads is an effort for prevention, maintenance and repair needed to maintain the road condition to remain optimal. To do maintenance and maintenance of the road required responsiveness from the officers in repairing the highway. The goal is to provide the best service to the community and to keep the road condition well maintained.

This research describes and analyzes the responsiveness of officers in performing maintenance and management on National road in Lamongan Regency. The research method used is descriptive-qualitative. The sources of this research are the National Road Implementation Officer (BBPJN) VIII, Officers Commitment Officer (PPK), and the general public who cross the National road. Data collection techniques conducted through interviews, observation and documentation.

The results of this study explain how the responsiveness of officers in providing services to the community associated with the National road in Lamongan regency requiring care and management. In general, the responsiveness of officers in providing services to the community is less responsive. However, the officers have done their best in the management and maintenance of national roads in accordance with the Ministrys guidelines. The hope with the lack of responsiveness of the officers in handling the damaged and troubled National Road is to immediately socialize to the community about the role it has.

Keywords: Responsiveness, Public Service, National Road


Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-07-20

Issue

Section

Articles
Abstract views: 120 , PDF Downloads: 132