INOVASI PROGRAM SAHAJA ( SATU HARI JADI ) KELILING DALAM UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN KEDIRI
DOI:
https://doi.org/10.26740/publika.v9n3.p267-282Keywords:
Service Innovation, Demography Administration, Sahaja MobileAbstract
Pelayanan kependudukan merupakan salah satu pelayanan publik yang dibutuhkan oleh masyarakat. Adanya permasalahan yang dikeluhkan masyarakat membuat Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil berupaya membuat inovasi yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam menerima pelayanan, yaitu program SaHaJa atau satu hari jadi Keliling. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui, menganalisis dan mendiskripsikan mengenai program sahaja(satu hari jadi) keliling dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan di dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten Kediri. Metode yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif menggunakan atribut inovasi oleh Rogers yaitu 1) Relative advantage, 2)Compability, 3)Complexity ,4)Triability dan 5)Observability.Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan studi kepustakaan , wawancara dan observasi data Sedangkan teknik analisis data menggunakan menggunakan tiga cara menurut Miles and Huberman yaitu pengumpulan data, pengolahan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang didapat pada aspek Relative Advantage menunjukkan bahwa keuntungan yang didapat yaitu sistem jemput bola dan dokumen yang langsung jadi. Atribut Compability yaitu pelayanan sahaja keliling sudah sesuai karena sesuai dengan permasalahan dan kebutuhan masyarakat Kabupaten Kediri. Atribut Complexity yaitu kendala jaringan pada wilayah pucuk gunung. Atribut Triability menunjukkan bahwa pelayanan Sahaja Keliling ini diterima masyarakat karena banyaknya masyarakat yang antusias akan pelayanan ini. Atribut Observability hasilnya yaitu masyarakat dapat melihat jelas bahwa waktu pelayanan lebih cepat dari yang dikantor dan juga dari segi dokumen yang dapat jadi tanpa harus menunggu lama. Optimalisasi pelayanan yang sudah berjalan dengan baik ini diharapkan hingga ke depannya tetap berjalan dengan baik.
Kata kunci: Inovasi Pelayanan, Administrasi Kependudukan, Sahaja Keliling
Population service is one of the public services needed by community. The existence of problems that community has complained has made Department of Population and Civil Registration strive to make innovations that aim to make it easier for the community to receive services, namely SaHaJa program . The research objective is to find out, analyze and describe the mobile sahaja program in an effort to improve the quality of services in the population and civil registration services of Kediri regency. method used is descriptive qualitative research using the attributes of innovation by Rogers, namely 1) Relative advantage, 2) Compability, 3) Complexity, 4) Triability and 5) Observability. Data collection techniques using library research, interviews and data observation, data analysis using three ways according to Miles and Huberman, namely data collection, data processing, data presentation. Results of Relative Advantage show, benefits obtained are the ball pick system and documents that are immediately finished. Compatibility attribute, mobile service is appropriate because in accordance with the problems and needs by community. Attribute Complexity is the network constraint in the top of the mountain. Triability attribute shows that Mobile Sahaja service is accepted by the community because many people are enthusiastic about this service. Observability attribute, that the public can see clearly that the service time is faster than the office and also in terms of documents that can be done without having to wait long. hoped that the optimization of services that have been going well will continue to run well in the future.
Keyword: Service Innovation, Demography Administration, Sahaja Mobile
Downloads

