INNOVATION OF THE INTEGRATED AND INTEGRATED INFORMATION SERVICE GATE (GAYATRI) AT DEPARTMENT OF HEALTH POPULATION CONTROL AND FAMILY PLANNING IN MOJOKERTO CITY

Penulis

  • Arya Pranata Wijaya S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
  • Trenda Aktiva Oktariyanda S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/publika.v10n4.p1137-1150

Kata Kunci:

Inovasi Pelayanan, e-Government, Gayatri

Abstrak

Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Mojokerto pada tahun 2019 menciptakan inovasi Gerbang Layanan Informasi Terpadu dan Terintegrasi (Gayatri). Sebelum adanya Gayatri, pelaporan data kesehatan menggunakan laporan excel dan masing-masing bidang mengumpulkan datanya sendiri-sendiri, sehingga menyebabkan terjadinya perbedaan data. Sejak  diciptakannya Gayatri, data kesehatan menjadi terpusat, kolektif dan real time. Gayatri juga menghadirkan fitur untuk memudahkan masyarakat Kota Mojokerto dalam mendapatkan pelayanan kesehatan secara online. Penelitian bertujuan untuk menjelaskan inovasi Gayatri dengan fokus penelitian menggunakan teori pengukuran kualitas e-government berdasarkan perspektif pengguna menurut Kozak yang terdiri dari enam indikator yakni kemudahan penggunaan, isi dan tampilan informasi, keandalan, dukungan masyarakat, kepercayaan/keamanan, dan dukungan dalam mengisi formulir. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pada indikator kemudahan penggunaan, Gayatri memiliki navigasi yang sederhana dan mudah digunakan. Pada indikator isi dan tampilan informasi, Gayatri memiliki tampilan yang simpel dan terdiri dari fitur untuk masyarakat dan fitur untuk pemerintah Kota Mojokerto. Pada indikator keandalan, Gayatri dapat diakses melalui komputer maupun smartphone, dan tersedia dalam bentuk aplikasi yang dapat diunduh di play store. Pada indikator dukungan masyarakat, Gayatri menyediakan fitur obrolan online berbasis whatsapp. Pada indikator kepercayaan/keamanan, Gayatri menggunakan sistem SSL dan firewall, serta menerapkan enkripsi terhadap data yang masuk, untuk mengakses databasenya hanya bisa menggunakan IP local. Pada indikator dukungan dalam mengisi formulir, Gayatri mendukung pengisian formulir dalam fitur pendaftaran puskesmas secara online dan fitur pendataan masyarakat. Diharapkan sosialisasi Gayatri lebih ditingkatkan dan ditambahkan fitur paduan penggunaan agar masyarakat mudah menggunakannya.

Kata Kunci : Inovasi Pelyanan, e-Government, Gayatri

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2022-07-06

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 617 , PDF Downloads: 495