INOVASI APLIKASI JATIM ONLINE SINGLE SUBMISSION (JOSS) DALAM MENINGKATKAN PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU PROVINSI JAWA TIMUR

Authors

  • Alycia Putri Febriani S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Negeri Surabaya
  • Tauran Tauran S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/publika.v12n3.p667-680

Keywords:

Program Implementation, Jatim Online Single Submission (JOSS)

Abstract

Jatim Online Single Submission (JOSS) merupakan program layanan sistem elektronik terintegrasi yang dikelola Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jawa Timur dengan tujuan meningkatkan pelayanan investasi di Jawa timur. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program layanan Jatim Online Single Submission oleh DPMPTSP Provinsi Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun fokus pada penelitian ini didasarkan pada teori model implementasi menurut Donald S. Van Meter dan Carl E. Van Horn, yakni enam variable yang berpengaruh terhadap keberhasilan implementasi kebijakan yang meliputi (1) standar dan tujuan kebijakan (2) Sumber daya kebijakan (3) karakteristik agen pelaksana (4) komunikasi antar organisasi (5) disposisi implementor (6) kondisi lingkungan sosial, ekonomi dan politik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program layanan ini telah berjalan dengan baik. Namun, terdapat beberapa tantangan harus dibenahi seperti kurangnya literasi digital masyarakat dan belum optimalnya pelaksanaan sosialisasi program layanan JOSS. Penelitian ini memberikan saran bagi DPMPTSP Provinsi Jawa Timur untuk memaksimalkan sosialisasi program layanan JOSS kepada masyarakat terutama pelaku usaha termasuk melalui sosial media yang dinilai lebih efektif.

Abstract

East Java Online Single Submission (JOSS) is an integrated electronic system service program managed by the One Stop Investment and Integrated Services Office (DPMPTSP) East Java Province to improve investment services in East Java. This research describes the implementation of the East Java Online Single Submission service program by DPMPTSP East Java Province. This research uses a qualitative approach with a descriptive research type. The focus of this research is based on the implementation model according to Donald S. Van Meter and Carl E. Van Horn, namely, six variables that influence the success of policy implementation, which include (1) policy standards and objectives, (2) policy resources (3) characteristics implementing agencies (4) inter-organizational communication (5) disposition of implementors (6) social, economic and political conditions. The research results show that this service program has run well. However, several challenges must be addressed, such as the need for public digital literacy and dissemination of JOSS service information. This research provides suggestions for the East Java Province DPMPTSP to maximize the dissemination of JOSS service information to the public, especially business actors, including through social media

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-12

Issue

Section

Articles
Abstract views: 167 , PDF Downloads: 120