DOI:
https://doi.org/10.26740/publika.v3n6.p%25pAbstrak
Pembanguan  berbagai bidang di Kota Surabaya misalnya pembukaan sentra bisnis, mall, universitas dan 
lain-lain. Adanya pembangunan ini akan  mendorong  urbanisasi yang dilakukan oleh  warga pendatang di 
sekitar    Surabaya  untuk  mengaju  nasib  di  Surabaya,  namun  tingginya  urbanisasi  akan  membawa  
permasalahan  bagi  Kota  Surabaya.Solusi  yang  dilakukan  untuk  mengatasi  urbanisasi  dilakukan  melalui 
Peraturan Daerah No. 3 Tahun 2011 yang mengatakan jika warga pendatang harus mempunyai Surat Kartu 
Identitas  Penduduk  Musiman  (KIPEM)  dimana  Unit  Pelayanan  Terpadu  Satu  atap  (UPTSA)  ditunjuk 
sebagai  instansi  yang  melakukan  pelayanan  pengurusan  KIPEM.  Fokus  penelitian  ini  adalah  untuk 
mengetahui    kualitas  pelayanan    pengurusan  KIPEM  di  UPTSA  Surabaya. Teori    yang  digunakan  dalam 
penelitian ini adalah teori kualitas dan teori  pelayanan Publik. Penelitian ini berjenis kuantitatif deskriptif 
dimana data yang telah diolah secara statistik akan dijabarkan secara terperinci. Teknik pengumpulan data 
dalam  penelitian  ini  dengan  menggunakan  kuesinoer  kepada  55  responden  yang  merupakan  pengunjung 
UTSA  yang  mengurus  KIPEM.Berdasarkan  penelitian  ini  dapat  diketahui  dari  6  indikator  kualitas  
pelayanan  KIPEM  di  UPTSA    yaitu  prosedur  pelayanan,  waktu  penyelesaian,  biaya  pelayanan,  produk 
pelayanan, sarana dan prasana, dan kompetensi petugas pelayanan  hasilnya adalah  pelayanan pengurusan 
KIPEM di UPTSA sudah cukup berkualitas 
 
Kata Kunci: Kualitas, KIPEM, Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap
Unduhan
  Abstract views: 38
                                                        ,
 PDF Downloads: 49
                                
						


