STRATEGI PENINGKATAN PELAYANAN KEGAWATDARURATAN MELALUI APLIKASI EMERGENCY BUTTON PUBLIC SAFETY CENTER (PSC) 119 DI RSUD DR. ISKAK KABUPATEN TULUNGAGUNG

Penulis

  • Pradita Opi Rizkita Universitas Negeri Surabaya
  • Meirinawati Meirinawati

DOI:

https://doi.org/10.26740/publika.v8n4.p%25p

Abstrak

Aplikasi emergency button menjadi salah satu strategi yang direalisasikan oleh RSUD dr.Iskak
Kabupaten Tulungagung sebagai salah satu sarana komunikasi untuk diintegrasikan dengan call center
dalam program PSC. Aplikasi emergency button berfungsi untuk mempermudah masyarakat meminta
bantuan atas segala kasus medis maupun non medis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan
mendeskripsikan terkait strategi peningkatan pelayanan kegawatdaruratan melalui aplikasi emergency
button public safety center (PSC) 119 di RSUD dr. Iskak Kabupaten Tulungagung. Jenis penelitian ini
adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan fokus penelitian yang digunakan
menurut Devry (dalam Ibrahim, 2008:79) terdiri atas : self esteem, exceed expectation, recovery, vision,
improving, care, dan, empowerment. Teknik analisis data yang dipakai berupa analisis model data
interaktif oleh Miles dan Huberman meliputi : pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data melalui : wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa RSUD dr.Iskak Kabupaten Tulungagung telah
mengeluarkan berbagai usaha guna menjalankan semua strategi secara maksimal. Self Esteem, pimpinan
beserta manajemen sudah menjalankan perannya dengan baik dan memberikan dukungan besar dalam
penlaksanaan aplikasi emergency button. Exceed Expectation, menggunakan SOP lainnya untuk
mengcover SOP aplikasi emergency button yang belum ada disertai membuat revisi pada SOP
penjemputan pasien.Recovery, memperhatikan dan menyediakan berbagai sarana komplain serta rutin
melakukan monev.Vision, merencanakan pengembangan aplikasi dan implementasinya telah
menggunakan teknologi hardware maupun software. Improving, memperbarui versi aplikasi juga
menambah menu-menu baru dan ditunjang kegiatan kaizen. Care, melakukan serangkaian pelayanan
prima untuk memberikan kepuasan serta menetapkan tolak ukur sebagai bahan evaluasi
pelaksanaan.Empowerment, melakukan pemberdayaan internal dan eksternal serta menerapkan reward
dan punishment.
Kata Kunci: Pelayanan Publik, Strategi , Aplikasi Emergency Button PSC


The emergency button application is one of the strategies realized by the dr.Iskak Regional
General Hospital of Tulungagung Regency as a means of communication to be integrated with the call
center in the PSC program. Emergency button application functions to make it easier for people to ask for
help on all medical and non-medical cases. This study aims to determine and describe the related the
improvement strategy of emergency service through emergency button public safety center (PSC) 119
application at RSUD dr.Iskak Tulungagung Regency.This type of research is a descriptive study with a
qualitative approach. While the focus of research used according to Devry (in Ibrahim, 2008: 79) consists
of: self esteem, exceed expectation, recovery, vision, improving, care, and empowerment. Data analysis
techniques used in the form of interactive data model analysis by Miles and Huberman include: data
collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. As for data collection techniques
through: interviews, observation, and documentation. The results of this study indicate that the dr.Iskak
Regional Hospital of Tulungagung Regency has put out various efforts to carry out all strategies to the
maximum. Self Esteem, the leadership and management have carried out their roles well and provided
great support in the implementation of the emergency button application. Exceed Expectation, using other
SOPs to cover SOPs for emergency button applications that do not yet exist accompanied by making
revisions to SOP pickup patients. Recovery, pay attention and provide various means of complaints and
routinely conduct monev. Vision, planning the development of applications and implementation has used
hardware and software technology. Improving, updating the application version also adds new menus and
is supported by kaizen.Care activities, conducting a series of excellent services to provide satisfaction as
well as setting benchmarks as evaluation material for implementation. Empowerment, conduct internal
and external empowerment and apply reward and punishment.
Keywords: Public Service, Strategy, PSC Emergency Button Application

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2020-07-08

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 135 , PDF Downloads: 593