INOVASI PELAYANAN E-SIAP (ELEKTRONIK SISTEM APLIKASI PENDAFTARAN) DALAM PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BLITAR

Penulis

  • Lisa Ardelia S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
  • Galih Wahyu Pradana S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/publika.v10n1.p309-322

Kata Kunci:

Inovasi Pelayanan, E-SIAP, Kualitas Pelayanan

Abstrak

Elektronik Sistem Aplikasi pendaftaran (E-SIAP) merupakan inovasi yang dihadirkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Blitar, inovasi ini dihadirkan dengan tujuan mengatasi permasalahan dimana antrian yang selalu membludak setiap harinya dan memudahkan masyarakat dalam pengurusan dokumen kependudukan tanpa harus datang ke kantor. Dengan adanya inovasi maka dapat meningkatkan efisien dan efektifitas dalam pemberian pelayanan. Dengan begitu tingkat kepuasan masyarakat bisa meningkat. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi inovasi E-SIAP. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi E-SIAP ini telah berjalan dengan baik sesuai arahan dari Dirjendukcapil Kemendagri yang mencanangkan go-digital dan Undang-Undang Administrasi Kependudukan. Sumber ide inovasi diperoleh dari gayung bersambut antara masyarakat dan pemerintah Dispendukcapil Kabupaten Blitar. Budaya inovasi sampai saat ini masih ada beberapa masyarakat yang mengurus secara manual, yaitu mereka yang tidak memiliki akses secara layak. Kemampuan dan alat yang terdapat pada inovasi E-SIAP sudah bisa menunjang kelancaran dalam pemberian pelayanan kepada masyarakat. Tujuan dan hasil dinilai sudah baik dengan memudahkan pelayanan. Kemudian adanya respon yang baik dari masyarakat dan hambatan yang paling mendasar yaitu masih ada beberapa generasi yang belum melek teknologi. Dalam mengumpulkan data inovasi untuk inovasi tunggal, pihak Dispendukcapil tidak hanya melibatkan pihak internal organisasi namun juga dengan stakeholder seperti bekerjasama dengan seluruh desa di Kabupaten Blitar dengan adanya Salam Sak Jangkah.

Kata Kunci: Inovasi Pelayanan, E-SIAP, Kualitas Pelayanan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2022-01-21

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 1128 , PDF Downloads: 1468