MOBILE APPLICATION STICKINESS DALAM INOVASI PASAR ONLINE LAMONGAN (POL) DI PERUSAHAAN UMUM DAERAH (PERUMDA) PASAR KABUPATEN LAMONGAN
DOI:
https://doi.org/10.26740/publika.v10n1.p191-204Kata Kunci:
Inovasi Pelayanan, E-Goverment, Mobile Application Stickiness, Pasar Online Lamongan, MarketplaceAbstrak
Perkembangan inovasi di sektor publik harus terus ditingkatkan agar bisa beradaptasi dalam lingkungan yang dinamis, pengembangan inovasi bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Perumda Pasar Kabupaten Lamongan meluncurkan inovasi Pasar Online Lamongan agar masyarakat dapat berjualan dan berbelanja produk secara daring. Inovasi Pasar Online Lamongan merupakan bukti bahwa Perumda Pasar Kabupaten Lamongan mendukung pemerintah dalam percepatan dan perluasan digitalisasi di daerah sesuai Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2021. Akibat adanya pandemi, perilaku konsumen mengalami perubahan seperti masyarakat saat ini lebih memilih berbelanja secara daring daripada pasar tradisional. Tujuan dari penelitian ini guna untuk mendeskripsikan inovasi aplikasi POL melalui Mobile Application Stickiness. Jenis penelitian yang dipilih oleh peneliti adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan dalam pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi POL sudah berjalan dengan baik namun masih perlu pengembangan lebih lanjut. Selanjutnya kontrol aplikasi dirancang dengan baik agar pengguna mudah untuk mengoperasikannya. Perumda Pasar Kabupaten Lamongan membangun Komunikasi dengan pengguna untuk menjaga pengguna tetap aplikasi. Selanjutnya daya tanggap pada aplikasi masih belum maksimal karena masih terdapat error dan lag. Kemudian konteks POL awalnya hanya toko online berubah menjadi marketplace lokal. Efikasi aplikasi POL sudah memberikan banyak manfaat dalam membantu pedagang dan UMKM untuk menjualkan produk secara daring. Terakhir, promosi dilakukan Perumda Pasar Kabupaten Lamongan untuk mensosialisasikan POL ke masyarakat Kabupaten Lamongan.
Kata Kunci: Inovasi Pelayanan, E-Goverment, Mobile Application Stickiness, Pasar Online Lamongan, Marketplace
Unduhan

