INOVASI PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (ADMINDUK) MELALUI APLIKASI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN CEPAT AKURAT TERINTEGRASI (PANDU CAKTI) DI KANTOR DISPENDUKCAPIL KABUPATEN TULUNGAGUNG

Penulis

  • Tsamara Dilla Zica S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
  • Eva Hany Fanida S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/publika.v10n2.p487-498

Kata Kunci:

Pelayanan Publik, Inovasi Pelayanan, Pelayanan Adminduk, Pandu Cakti

Abstrak

Pelayanan publik yang baik dinilai dari bagaimana pelayanan tersebut dilaksanakan sesuai dengan standar pelayanan yang sudah ditetapkan. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tulungagung menerbitkan inovasi aplikasi berbasis online yang bernama Administrasi Kependudukan Cepat Akurat Terintegrasi (Pandu Cakti). Penelitian ini dilaksanakan di Dispendukcapil Kabupaten Tulungagung yang bertujuan untuk mendeskripsikan inovasi pelayanan Pandu Cakti. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan pisau analisis dari faktor-faktor pendukung dalam suksesnya inovasi e-Government berdasarkan teori Kalvet (2012). Adapun teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi dan juga penentuan narasumber dengan snowball sampling dan dianalisis menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa inovasi Pandu Cakti Dispendukcapil Kabupaten Tulungagung sudah memenuhi enam faktor pendukung dalam suksesnya inovasi e-Government berdasarkan teori Kalvet (2012). Faktor kepemimpinan berjalan dengan baik dimana pemimpin menjalankan tupoksinya dengan baik dan mampu menciptakan inovasi untuk menyelesaikan permasalahan yang selama ini belum bisa terselesaikan. Faktor pendanaan, dimana dalam inovasi ini menggunakan dana dari APBD dan tidak adanya kendala dalam pendanaan. Faktor dukungan Legislatif dan Peraturan telah berjalan dengan baik dengan adanya dasar dan SOP yang tertulis. Faktor pengembangan infrastruktur teknologi informasi (strategis) sudah berjalan dengan baik walapun terdapat beberapa kendala dalam jaringan. Faktor kemitraan dengan sektor publik, adanya kemitraan dengan sektor publik yaitu seluruh Kantor Desa dan Kantor Kecamatan di Kabupaten Tulungagung. Faktor kompetensi sektor swasta, adanya kompetensi di bidang pembuatan aplikasi yaitu pada pembuatan coding oleh pihak ketiga.

  

Kata kunci: Pelayanan Publik, Inovasi Pelayanan, Pelayanan Adminduk, Pandu Cakti

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2022-02-19

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 1168 , PDF Downloads: 1403