ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN RUMAH KHUSUS DAN UMUM DALAM SISTEM INFORMASI PENDATAAN DAN PEMANTAUAN (RUMAHKU SIP) PADA DINAS CIPTA KARYA, PERUMAHAN DAN KAWASAN PEMUKIMAN KABUPATEN GRESIK PROVINSI JAWA TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.26740/publika.v10n3.p923-936Kata Kunci:
Strategi, Electronic Government, Rumahku SIPAbstrak
Minimnya data perumahan, kawasan pemukiman serta pengajuan IMB menyebabkan kurangnya data hunian dalam database pemerintah. Sedangkan, data tersebut sangat dibutuhkan pemerintah dalam menentukan kebijakan mengenai tata ruang. Sebagai salah satu instansi yang bertanggung jawab dalam hal tersebut, DCKPKP Kabupaten Gresik berupaya memberikan solusi untuk mengatasi permasalahan yang timbul tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pengembangan Rumahku SIP yang dilaksanakan oleh DCKPKP Kabupaten Gresik Provinsi Jawa Timur. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskiptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui wawancara, observasi, serta studi kepustakaan. Teknik analisis data dari penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman dengan menggunakan strategi pengembangan e-government yang sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2003 antara lain yaitu: mengembangkan sistem pelayanan yang andal dan terpercaya serta terjangkau oleh masyarakat luas, menata sistem manajemen dan proses kerja pemerintah dan pemerintah daerah otonom secara holistik, memanfaatkan teknologi informasi secara optimal, meningkatkan peran serta dunia usaha dan mengembangkan industry telekomunikasi dan teknologi informasi, mengembangkan kapasitas sumber daya manusia baik pada pemerintah maupun pemerintah daerah otonom, disertai dengan meningkatkan e-literacy masyarakat, melaksanakan pengembangan secara sistematik melalui tahapan yang realistik dan terukur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan strategi pengembangan Rumahku SIP oleh DCKPKP Kabupaten Gresik dapat dikatakan berjalan baik, seperti mengembangkan pelayanan yang prima, bekerjasama dengan beberapa organisasi perangkat daerah maupun pengembang perumahan, memanfaatkan perkembangan teknologi dalam bentuk e-government, melakukan pembinaan SDM, hingga pengembangan e-government secara sistematis. Namun, terdapat beberapa kendala yang terjadi. Kendala yang dialami yaitu terdapat beberapa pengembang perumahan yang sulit untuk diajak bekerjasama.
Kata Kunci: Strategi, Electronic Government, Rumahku SIP
Unduhan
Referensi
Arief, V., Elida, S. S., & Wahyuni, E. (2020). Collaboration Development of Electronic Government Innovations in Pontianak City.
Bachtiar, R., Pramesti, D. L. D., Pratiwi, H. E., & Saniyyah, N. (2020). Birokrasi Digital: Studi Tentang Partisipasi dan Kesiapan Masyarakat. Journal of Governance and Social Policy, 1(2), 104-129.
David, Fred R, 2011. Strategic Management, Edisi 12. Jakarta: Salemba Empat
http://perkim.gresikkab.go.id/main/detail/32 diakses pada 24 November 2021.
https://klikjatim.com/inovasi-rumahku-sip-antarkan-bupati-gresik-raih-penghargaan-top-45-inovasi-pelayanan-publik-tahun-2020/ diakses pada 24 November 2021.
https://www.menpan.go.id/site/berita-terkini/pendataan-perumahan-akurat-dan-mutakhir-dengan-rumahku-sip diakses pada 24 November 2021.
Instruksi Presiden No. 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-Governement.
Kulla, T., Rumapea, P., & Tamongangoy, D. (2018). Kualitas sumber daya manusia dalam meningkatkan pembangunan desa tinggilbet distrilk beoga kabupaten Puncak provinsi Papua. Jurnal Administrasi Publik, 4(58).
Niswah, Fitrotun dan Meirinawati. 2015. Manajemen Strategi Sektor Publik. Surabaya: Unesa University Press.
Ramadhani, D. A. (2018). Efektivitas Pelayanan Satu Pintu (One Stop Service) Dalam Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).
Rivai dan Darsono, Manajemen Strategis. Jakarta, 2005.
Silva, B. N., Khan, M., & Han, K. (2018). Towards sustainable smart cities: A review of trends, architectures, components, and open challenges in smart cities. Sustainable Cities and Society, 38, 697-713.
Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta
Wahyud, S. (2019). Teori Inovasi: Sebah Tinjauan Pustaka Septian. Sustainability (Switzerland), 11(1).
Wanto, A. H. (2019, August). Government Strategy to Support Performance of E-Government (A case study in Malang, Tuban, and Bondowoso). In Annual International Conference of Business and Public Administration (AICoBPA 2018) (pp. 17-19). Atlantis Press.
Widiyaningrum, W. Y. (2020). Kajian Teoritis: Strategi Pengembangan E-Govenrment Dalam Pelayanan Administrasi. Jurnal Fakultas Hukum Universitas Pakuan, 01.
Widodo, N. (2019). Innovation Patterns of Local Government in Handling Community Complaints Based on Information Systems. In Annual International Conference of Business and Public Administration (AICoBPA) (Vol. 93, pp. 158-164).
Yunita, N. P., & Aprianto, R. D. (2018). Kondisi Terkini Perkembangan Pelaksanaan E-Government di Indonesia: Analisis Website. In Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (pp. 329-336).
Yustiari, S. H. (2019, August). E-Government Innovation: E-Wadul application for better public service of Surabaya City. In Annual International Conference of Business and Public Administration (AICoBPA 2018) (pp. 209-211). Atlantis Press.

