INOVASI PROGRAM DESA SIAP DAN LANCIP (LAYANAN CEPAT, EMPATIK, DAN PRO AKTIF) DI DESA LOWAYU KECAMATAN DUKUN KABUPATEN GRESIK

Penulis

  • Dandi Syifa Al Karimi S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
  • Meirinawati Meirinawati S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/publika.v10n4.p1101-1110

Kata Kunci:

Pelayanan Publik, Inovasi Program, Administrasi Kependudukan, Desa Siap dan Lancip

Abstrak

Berkembangnya teknologi membuat jajaran pemerintah mulai mengembangkan pelayanan publik, salah
satunya di desa Lowayu kecamatan Dukun Kabupaten Gresik melalui Program Desa Siap dan Lancip.
Program ini menyuguhkan sejumlah layanan terkait administrasi kependudukan yang bisa diselesaikan
di tingkat desa, sehingga masyarakat tidak perlu datang langsung ke Kantor Dispendukcapil di Kabupaten
Gresik.. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Inovasi Program Desa Siap dan Lancip di desa
Lowayu. Fokus penelitian ini menggunakan teori oleh Bugge et al (2018). Teknik pengumpulan data
menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis fokus penelitian mengacu pada
faktor kesuksesan sebuah inovasi di sektor publik yang terdiri dari 6 (enam) indikator diantaranya tata
kelola dan inovasi; sumber ide untuk inovasi; budaya inovasi; kemampuan dan alat; tujuan, hasil,
pendorong, hambatan; dan mengumpulkan data informasi tunggal. Hasil penelitian menunjukkan, dari
indikator tata kelola dan inovasi bahwa sistem regulasi atau kebijakan yang digunakan telah sesuai aturan
yang telah ditentukan. Sumber ide-ide inovasi diperoleh dari internal organisasi dan eksternal organisasi.
Budaya inovasi memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam pengurusan administrasi
kependudukan yang dapat diselesaikan ditingkat desa. Kemampuan dan alat inovasi memiliki performa
dan fungsional yang baik dengan didukung adanya sumber daya yang kompeten dan fasilitas yang
lengkap. Indikator tujuan dan hasil adalah memperpendek jarak pelayanan administrasi kependudukan
dari aparatur kepada masyarakat, hambatan yang dialami adalah masih banyak masyarakat yang belum
mengetahui syarat yang diajukan dalam proses pelayanan administrasi kependudukan dalam program
Desa Siap dan Lancip. Sedangkan mengumpulkan data informasi tunggal dilakukan melalui sosialisai
kepada masyarakat.

Kata Kunci : Pelayanan Publik, Inovasi Program, Administrasi Kependudukan, Desa Siap dan Lancip.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2022-07-05

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 179 , PDF Downloads: 791