EVALUASI LAYANAN KAWIN, LAHIR, MATI, PINDAH, DATANG (KLAMPID) PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KOTA SURABAYA

Penulis

  • Hafshah Vitri Tarantika S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
  • Suci Megawati S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/publika.v10n4.p1123-1136

Kata Kunci:

Evaluasi, KLAMPID (Kawin, Lahir, Mati, Pindah, Datang), Pelayanan kependudukan

Abstrak

Pelayanan publik adalah suatu rangkaian kegiatan yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik (pemerintah) dalam rangka untuk pemenuhan suatu kebutuhan masyarakat sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya sebagai instansi pelayanan yang paling banyak dibutuhkan dalam rangka pemenuhan administrasi kependudukan meluncurkan sebuah inovasi Kawin, Lahir, Mati, Pindah, Datang (KLAMPID) yang merupakan sistem pelayanan online dibidang kependudukan. Setelah dilaksanakan berjalan beberapa tahun, perlu dilakukan perbaikan dengan mempertimbangkan evaluasi yang telah didapatkan dari masyarakat. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan teknik pengumpulan data melalui observasi mewawancarai Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan KLAMPID pada kriteria efektifitas KLAMPID dikatakan cukup efektif namun kurang maksimal dalam jam operasional website, selanjutnya di dalam efisiensi KLAMPID sangat efisien dalam pelayanan publik pada pemangkasan antrian dan waktu permohonan layanan. Di kriteria kecukupan KLAMPID dikatakan cukup menjangkau dan memuaskan masyarakat, selanjutnya diperataan telah merata bagi warga Surabaya maupun luar Surabaya. Kemudian pada kriteria responsivitas sistem KLAMPID sangat di respon baik bagi pengguna layanan namun masih ada keluhan soal eror pada website dan di kriteria ketepatan sudah tepat namun belum sepenuhnya menjangkau masyarakat. Maka peneliti menyarankan agar melakukan penyempurnaan data dan memutakhirkan sistem agar bisa mengantisipasi kendala teknis.

Kata Kunci: Evaluasi, KLAMPID (Kawin, Lahir, Mati, Pindah, Datang), Pelayanan kependudukan

 

Public service is a series of activities provided by public service providers (government) in order to meet a community's needs in accordance with statutory regulations. The Department of Population and Civil Registration of the City of Surabaya is the service agency that is most needed in the context of administering the launch of an innovation, Married, Born, Died, Moved, Came (KLAMPID), which is an online service system in the field of population. After several years of implementation, it is necessary to make improvements, taking into account the evaluations that have been obtained from the community. The research method uses a descriptive approach and data collection techniques through observation and interviews with the Surabaya City Population and Civil Registry Office. The results of the study indicate that the implementation of KLAMPID on the effectiveness criteria of KLAMPID is said to be quite effective but not optimal in website operations. KLAMPID efficiency is very efficient in public services. The KLAMPID assessment criteria are quite satisfactory and satisfying to the community, so they are evenly distributed among residents of Surabaya and outside Surabaya. Then, on the responsiveness criteria of the KLAMPID system, the response is good for users, but there are still complaints about errors on the website, and the accuracy criteria are correct but have not fully reached the public. So the researchers suggest that the data refine and update the system in order to anticipate technical problems.

Keywords: Evaluation, KLAMPID (Married, Born, Died, Moved, Came), Population Service

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2022-07-05

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 581 , PDF Downloads: 1899