EFEKTIVITAS PELAYANAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN BAGI KELUARGA PENERIMA MANFAAT DI DESA MOJOREJO KECAMATAN JETIS KABUPATEN PONOROGO
DOI:
https://doi.org/10.26740/publika.v11n3.p2187-2202Kata Kunci:
Efektivitas Pelayanan, Program Keluarga Harapan, Keluarga Penerima ManfaatAbstrak
Pelayanan Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan salah satu pelayanan dalam hal program bantuan sosial nasional yang telah dilaksanakan di Desa Mojorejo sejak tahun 2007. Pelayanan PKH di Desa Mojorejo dilaksanakan oleh seorang yang disebut Pendamping Sosial. Namun dalam pelayanan PKH ini ditemukan masalah yang menjadi tantangan Pendamping Sosial PKH. Permasalahan tersebut terkait dengan sulitnya mengubah pola pikir Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH Desa Mojorejo untuk menjadi lebih produktif dan mandiri. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan efektivitas pelayanan PKH bagi KPM di Desa Mojorejo, Kecamatan Jetis, Kabupaten Ponorogo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sedangkan teori yang digunakan yakni teori efektivitas program menurut Annas (dalam Bastaman, 2020:177) yang meliputi tujuh indikator yakni ketepatan waktu, sumber daya manusia yang mengelola program, mekanisme kerja, kerja sama dan komunikasi, penyaluran dana yang benar, tidak ada penyimpangan, serta monitoring dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan PKH bagi KPM di Desa Mojorejo cukup efektif. Hal tersebut dikarenakan dari ketujuh indikator efektivitas yang digunakan empat diantara telah dilakukan secara optimal. Keempat indikator tersebut yakni ketepatan waktu, SDM yang mengelola program, kerjasama dan komunikasi, serta monitoring dan evaluasi. Sedangkan tiga indikator yakni mekanisme kerja, penyaluran dana yang benar dan tidak ada penyimpangan masih terdapat kendala yang menyebabkan ketiga indikator tersebut kurang optimal.
Unduhan

