INOVASI PELAYANAN PUBLIK MELALUI APLIKASI PELAYANAN VIA ONLINE (PLAVON DUKCAPIL) OLEH DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SIDOARJO

Penulis

  • Irsy Kharimatus Sholicha S1 lmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
  • Trenda Aktiva Oktariyanda S1 lmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/publika.v11n3.p2293-2302

Kata Kunci:

Inovasi, Pelayanan, e-government, Plavon Dukcapil, Administrasi Kependudukan

Abstrak

Pelayanan publik adalah kegiatan yang krusial dalam menjalankan sistem pemerintahan yang berkaitan dengan kebutuhan masyarakat. Namun masih terdapat permasalahan keluhan masyarakat terkait pelayanan publik salah satunya di bidang administrasi kependudukan yang ada di Kabupaten Sidoarjo. Tingginya jumlah penduduk berdampak pada semakin tinggi juga kebutuhan terkait pengurusan administrasi kependudukan. Oleh karena itu, pemerintah Kabupaten Sidoarjo meluncurkan inovasi pelayanan aplikasi pelayanan via online (Plavon Dukcapil). Inovasi ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan untuk kepengurusan administrasi kependudukan melalui website Plavon Dukcapil secara online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan inovasi Plavon Dukcapil oleh Disdukcapil Sidoarjo. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian Deskriptif Kualitatif. Teori yang digunakan untuk penelitian ini adalah karakteristik inovasi e-government oleh Rokhman, Ali (2011) yang terdiri dari 5 (lima) indikator, yaitu keuntungan relatif, gambaran/citra, tingkat kompatibilitas, kemudahan penggunaan, dan intensitas penggunaan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan pihak Disdukcapil Sidoarjo yang menangani program inovasi plavon dukcapil dan masyarakat sebagai pengguna layanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemerintah Kabupaten Sidoarjo telah berupaya sangat baik dengan meluncurkan inovasi pelayanan Plavon Dukcapil. Hasil analisis menggunakan indikator karakteristik inovasi e-government sudah sesuai, hanya saja masih terdapat kekurangan dalam sistem pelayanan website karena terdapat beberapa kendala yang dialami seperti website error. Sehingga saran yang dapat diberikan yaitu memperbaiki kualitas sistem kinerja website plavon dukcapil agar pelayanan yang diberikan dapat lebih maksimal.

Kata Kunci: Inovasi, Pelayanan, e-government, Plavon Dukcapil, Administrasi Kependudukan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2023-07-09

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 621 , PDF Downloads: 670