Kajian Kualitas Layanan KTP-Elektronik Bagi Penyandang Disabilitas dan Lansia di Kabupaten Mojokerto

Penulis

  • Naurah Tsani Anindya S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Negeri Surabaya
  • Eva Hany Fanida S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/publika.v12n2.p511-520

Kata Kunci:

Inovasi, Pelayanan, KTP-Elektronik, Disabilitas, Lansia

Abstrak

Kelompok masyarakat rentan seperti penyandang disabilitas dan lansia seringkali sulit mengakses pelayanan publik, misalnya perekaman KTP-el. Oleh karena itu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Mojokerto menciptakan Inovasi Layanan Teman Dilan, yaitu layanan perekaman KTP-el di rumah bagi masyarakat rentan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis Inovasi Layanan Teman Dilan di Kabupaten Mojokerto. Penelitian ini berfokus pada Kriteria Inovasi menurut Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 91 Tahun 2021. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan disimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Inovasi Layanan Teman Dilan memiliki kebaruan yaitu perekaman KTP-el di rumah serta memiliki perbedaan prosedur dengan layanan perekaman KTP-el umum, tetapi terkendala kondisi medan. Pada indikator efektif, Inovasi Layanan Teman Dilan dapat meningkatkan kepemilikan KTP-el serta masyarakat puas dengan pelayanan, tetapi terdapat kendala jumlah petugas dan kondisi masyarakat. Inovasi ini bermanfaat dalam meningkatkan keakuratan data penduduk serta akses masyarakat terhadap program pemerintah, namun untuk bantuan sosial masih belum merata. Pada indikator mudah disebarkan, desain pelaksanaan inovasi ini dapat diadaptasi meskipun belum diterapkan lembaga lain dan penyebaran informasi inovasi ini melalui media sosial dan pemerintah desa. Berdasarkan indikator berkelanjutan, inovasi ini mampu diterapkan dalam jangka panjang didukung tersedianya anggaran, sarana dan prasarana. Saran utama yang diberikan yakni pemerintah perlu melakukan kontrol dan evaluasi secara berkala untuk meningkatkan kinerja Inovasi Layanan Teman Dilan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-04

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 128 , PDF Downloads: 146