INOVASI APLIKATIF PEMANFAATAN PLATFORM KLAMPID NEW GENERATION DALAM MENJAMIN KUALITAS LAYANAN ADMINDUK DI KOTA SURABAYA

Penulis

  • Roihatut Thoyyibah S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Negeri Surabaya
  • Deby Febriyan Eprilianto S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/publika.v12n2.p585-596

Kata Kunci:

Pelayanan Publik, Kualitas Pelayanan, E-GovQuel, Pelayanan Klampid New Generation

Abstrak

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya menciptakan inivasi Klampid New Generation untuk mempermudah pelayanan administrasi bagi masyarakat, yang dapat diakses secara mandiri maupun bantuan dari operator Kecamatan dan Kelurahan. Akan tetapi pengajuan mandiri masih cukup terbilang rendah dikarenakan masyarakat kurang memahami cara pengoprasiannya dan masyarakat masih nyaman untuk melakukan pengajuan melalui perantara operator Kecamatan dan Kelurahan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan administrasi kependudukan melalui aplikasi KNG. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, berdasarkan enam dimensi kualitas layanan e-Government (E-GovQual) dari Papadomichelaki dan Mentzas (2012) yakni kemudahan penggunaan, kepercayaan, fungsi interaksi lingkungan, keandalan, konten dan penampilan, serta dukungan warga. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemudahan penggunaan terpenuhi cukup baik dengan struktur website yang sederhana dan mudah diingat, meskipun informasi persyaratan dokumen belum tersedia. Kepercayaan terpenuhi cukup baik dengan perlindungan privasi dan keamanan yang memadai, meski tanpa adanya persetujuan tertulis. Fungsi interaksi lingkungan menunjukkan bantuan pengisian formulir yang memadai, namun format respon online belum ada. Keandalan pelayanan terpenuhi dengan aksesibilitas dan ketepatan waktu pengiriman yang baik. Konten dan penampilan website cukup sederhana dan mudah digunakan, meski informasi persyaratan belum tersedia di setiap menu. Dukungan warga menunjukkan pegawai yang responsif dan berpengetahuan, namun informasi kontak perlu diperbaiki. Penelitian menyarankan menambahkan informasi persyaratan dokumen di setiap menu dan informasi kontak, mendaftaran aplikasi di playstore dan appstore, menyediakan persetujuan tertulis bagi pengguna, serta pembaruan tampilan aplikasi untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi layanan KNG.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2024-07-09

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 70 , PDF Downloads: 65