Penerapan Platform Sistem Unggah Hitung Data Kinerja (SUHITA) Untuk Menunjang Kinerja Pemerintah Berbasis Teknologi Inovasi di Kabupaten Mojokerto

Penulis

  • Dewantari Dewantari S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Negeri Surabaya
  • Eva Hany Fanida S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/publika.v12n2.p607-618

Kata Kunci:

Inovasi, Kinerja, Suhita

Abstrak

Implementasi sistem manajemen kinerja memungkinkan organisasi pemerintah untuk mengelola kinerja pegawai dari tahap perencanaan, monitoring, hingga evaluasi kinerja secara akuntabel dan transparan. Sebagai organisasi yang berperan sebagai penyelenggara manajemen ASN, BKPSDM Kabupaten Mojokerto meluncurkan sebuah inovasi pengelolaan kinerja. Suhita (Sistem Unggah Hitung Data Kinerja) merupakan suatu inovasi e-kinerja berbasis website yang berguna sebagai fasilitas ASN di Pemkab Mojokerto dalam melakukan perencanaan kinerja hingga evaluasi kinerja secara transparan dan akuntabel. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana inovasi e-kinerja Suhita di BKPSDM Kabupaten Mojokerto. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian menggunakan teori faktor keberhasilan inovasi menurut Luky (2019). HasilĀ  penelitian menunjukkan inovasi e-kinerja melalui website Suhita belum berjalan secara optimal. Pada indikator sumber daya manusia, pemimpin menjadi peran kunci dalam mendorong dan mengarahkan inovasi. Pada indikator teknologi, website yang digunakan memiliki kompleksitas yang cukup tinggi. Pada indikator organisasi, penerapan inovasi telah berjalan secara terencana, terorganisir, tergerak dan terkontrol. Pada indikator perilaku, BKPSDM Kabupaten Mojokerto belum berhasil menumbuhkan persepsi kemudahan penggunaan inovasi Suhita. Pada indikator kepuasan pengguna (user satisfaction), inovasi pengelolaan kinerja melalui website Suhita hanya memberikan kepuasan bagi sebagian pengguna dengan jabatan tertentu. Pada indikator manfaat bersih, manfaat bersih penerapan inovasi ini lebih dirasakan oleh pengguna dengan jabatan pengelola kepegawaian dan penilai kinerja. Adapun saran yang dapat diberikan meliputi: 1) memberikan pelatihan untuk tim pengelola inovasi, khususnya operator inovasi, 2) mengadakan sosialisasi dengan sasaran seluruh pengguna inovasi Suhita, 3) pembinaan dan evaluasi secara berkala, 4) menyederhanakan tampilan dan website Suhita.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Arnaz, fachrozal. (24 Maret, 2023). Jurus Pemkab Mojokerto Meningkatkan Profesionalitas Kinerja ASN. Politik dan Pemerintahan. Diambil dari Jurus Pemkab Mojokerto Meningkatkan Profesionalitas Kinerja ASN (ngopibareng.id)

Eprilianto, Deby Febriyan, dkk. (2019). Mewujudkan Integrasi Data Melalui Implementasi InovasiPelayanan Kesehatan Berbasis Teknologi Digital. JPSI (Journal Public of Sector Innovation), 4 (1)

Filiaty. (2012).Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Individual pada Kantor Pelayanan Pajak Di Kabupaten Nias. [Online] Jurnal Murni Sadar Vol. 2 No. 2 Agustus 2012.

Irawan, Prasetya. (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia. STIA-LAN Press, Jakarta.

Kotler, Philip.(2007). Marketing Management. (Edisi Indonesia oleh Teguh, Ronny, dan Benjamin Molan). Jakarta: PT. Indeks.

Laporan Kinerja Instansi Pemerintah Kabupaten Mojokerto.

Luky, R.D. (2019). Evaluasi Faktor Kesuksesan dan Penerimaan Pengguna Terhadap Aplikasi Info PDAM Jember Menggunakan Evaluasi Integrasi. Universitas Jember, Jember.

Prabowo, I., & Fanida, E. H. (2018). Inovasi Pelayanan Kepegawaian Melalui Aplikasi Sistem Informasi Mobile Kepegawaian Terintegerasi (Simoker) Berbasis Android di Badan Kepegawaian Kota Mojokerto. Publika, 6(9).

Priansa, D. J. (2017). Manajemen Kinerja Kepegawaian dalam Pengelolaan SDM Perusahaan. Bandung: Pustaka Setia.

Robbins & Judge. (2017). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

Wibowo, Setyo Ferry. (2015). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan, dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan E-Money Card (Studi Pada Pengguna Jasa Commuterline Di Jakarta). Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia.

Wijaya, Aditya. (2015a). Penerapan e-government di Sekretariat Daerah Kabupaten Semarang (Inpres no.3 Tahun 2003 Tentang Kebijakan Dan Strategi Nasional pengembangan E-government). Available at: http://lib.unnes.ac.id/21679/

Winardi. (2000). Motivasi dan Pemotvasian dalam Manajemen. Yogyakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Yunitasari, dkk. (2017). Pengaruh Penerapan Sistem Manajemen Kinerja (SMK) terhadap Pencapaian Kinerja Pegawai Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Tengah. Skripsi. Politeknik Negeri Semarang.

Diterbitkan

2024-07-10

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 64 , PDF Downloads: 61