Kajian Komunikasi Publik Dalam Rangka Menigkatkan Layanan Administrasi Kependudukan Dengan Media Anjungan Dukcapil Mandiri Di Kota Madiun
DOI:
https://doi.org/10.26740/publika.v12n2.p597-606Kata Kunci:
Implementasi, Administrasi Kependudukan, Anjungan Dukcapil MandiriAbstrak
Adanya komunikasi publik memiliki tujuan untuk membangun partisipasi masyarakat dalam meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan. Dukcapil Kota Madiun memiliki inovasi pada bidang administrasi kependudukan, yaitu Anjungan Dukcapil Mandiri. Anjungan Dukcapil Mandiri Kota Madiun terletak di pusat kota yang ramai akan pengunjung. Walaupun terletak di pusat kota, banyak masyarakat yang tidak mengetahui keberadaan mesin tersebut. Penelitian ini dibentuk dari konsep empat variabel yang berperan penting dalam pencapaian keberhasilan implementasi oleh George C. Edward III, yaitu komunikasi, sumber daya, disposisi atau sikap, dan struktur birokrasi. Pendekatan kualitatif dengan teknik analisis wacana dan konten menjadi metode dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini adalah Dukcapil Kota Madiun belum melakukan komunikasi publik secara optimal karena sosialisasi yang belum merata. Pada variabel sumber daya juga ditemukan respon yang lambat dari admin call center. Temuan lain ialah mesin Anjungan Dukcapil Mandiri yang kerap eror ketika digunakan. Pada penelitian ini, rekomendasi yang dapat disampaikan dalam meningkatkan layanan ini, yaitu membuat standar sosialisasi untuk pihak kelurahan, melakukan pengecekan berkala pada mesin, dan menggunakan pesan otomatis untuk call center.
Unduhan

