Efektivitas Pelayanan Keluarga Sejahtera Melalui Website Siap Bahagia di Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur

Penulis

  • Selvia Nipfasari S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Negeri Surabaya
  • Meirinawati Meirinawati S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/publika.v12n2.p657-666

Kata Kunci:

Kesehatan, Efektivitas, Website Siap Bahagia

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas layanan keluarga sejahtera secara online melalui Website Siap Bahagia yang dikembangkan oleh Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur. Pandemi Covid-19 mengakibatkan terhambatnya pelayanan keluarga sejahtera secara offline yang berdampak pada rentanya keluarga-keluarga di Jawa Timur. Untuk menghadapi tantangan tersebut, pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui BKKBN Provinsi Jawa Timur mengembangkan layanan online Website Siap Bahagia guna meningkatkan pelayanan keluarga sejahtera. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teori efektivitas website yang diukur berdasarkan indikator performance/kinerja, information/informasi, dan economy/ekonomi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas Website Siap Bahagia masih rendah sebab masih sedikitnya jumlah pengunjung karena  kurangnya sosialisasi, lambatnya respon konselor, gangguan teknis, dan kurangnya variasi dan pembaruan artikel. Namun, website ini tetap memberikan manfaat karena dapat diakses secara online dan gratis. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan sosialisasi, perbaikan keamanan website, percepatan respon konselor, dan pembaruan konten artikel secara rutin oleh BKKBN Provinsi Jawa Timur.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2024-07-10

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 102 , PDF Downloads: 88