Kajian Manajemen Pelayanan: Tinjauan Kritis Terhadap Kompleksitas Layanan Akta Kelahiran Untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Di Kota Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.26740/publika.v12n3.p767-778Kata Kunci:
Kualitas Pelayanan, Akta Kelahiran, KompleksitasAbstrak
Dispendukcapil Kota Surabaya mencatat, terdapat puluhan ribu warga yang terlambat melaporkan kelahiran bayinya, yang menyebabkan proses penerbitan akta kelahiran terhambat. Selain itu, masih banyak masyarakat yang sampai saat ini menerima pelayanan yang kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Kajian Manajemen Pelayanan: Tinjauan Kritis Terhadap Kompleksitas Layanan Akta Kelahiran Untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Di Kota Surabaya. Penelitian ini berfokus pada teori peningkatan kualitas layanan oleh Septiandin (2020) yaitu Self esteem (harga diri/ kualitas diri), Exceed expectation (memenuhi harapan), Recovery (pembenahan), Vision (pandangan kedepan), Improve (perbaikan), Care (perhatian), Empower (pemberdayaan). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif . Dengan teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan akta kelahiran sudah cukup baik, namun masih banyak masalah kompleks seperti seperti human error, kurang maksimalnya pemanfaatan teknologi, minimnya pelatihan bagi pegawai, minimnya anggaran, permasalahan ini yang menyebabkan pelayanan akta kurang optimal. Dari hasil penelitian ini menghasilkan beberapa rekomendasi yaitu meningkatkan sikap yang ramah dalam memberikan pelayanan, memberikan sosialisasi dan pelatihan untuk pegawai, menjaga sarana dan prasarana yang sudah ada serta melengkapi fasilitas yang masih kurang, memanfaatkan dan mensinkronkan teknologi semaksimal mungkin, menciptakan lingkungan yang kondusif serta memberi rasa nyaman dalam pelayanan untuk masyarakat sehingga pelayanan akta kelahiran berjalan dengan baik.
Unduhan

