KAJIAN OPTIMALISASI PELAYANAN ONLINE BERITA DESO DAN ADMINISTRASI BERBASIS ELEKTRONIK GOVERNMENT DI KECAMATAN PLOSO DAN KABUPATEN JOMBANG

Penulis

  • Kevin Crhistoper Girsang S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Negeri Surabaya
  • Eva Hany Fanida S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/publika.v12n3.p849-856

Kata Kunci:

Electronic Government, E-Office, Pelayanan Kependudukan

Abstrak

Aplikasi E-Office SABDOPALON merupakan salah satu inovasi berbasis Electronic Government yang sengaja diciptakan untuk meningkatkan pelayanan publik pemerintah Kabupaten Jombang serta mewujudkan Kabupaten Jombang sebagai Smart City sehingga dapat mencerminkan pelayanan pemerintah desa yang efektif dan efisien. Namun, pada penerapannya aplikasi ini masih terdapat kendala seperti, sering mengalami lagging pada server di website, sehingga pengajuan pelayanan yang diajukan oleh masyarakat mengalami sedikit keterlambatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang aplikasi E-Office SABDOPALON di Desa Kebon Agung, Kecamatan Ploso, Kabupaten Jombang. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini menggunakan faktor keberhasilan E-Gov menurut (Ishengoma, Mselle, Mongi, 2019). Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Desa Kebonagung dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik narrative analysis meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan, penerapan aplikasi E-Office SABDOPALON dapat dikatakan berjalan baik. Namun, masih terdapat beberapa kendala yang perlu diperbaiki, seperti mengalami lagging pada server website sehingga pelayanan yang diajukan sering mengalami keterlambatan, kurangnya sosialisasi tentang aplikasi E-Office SABDOPALON. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat diberikan yaitu 1) Perlunya upaya dari Pemerintah Desa Kebonagung dalam memberikan data kependudukan berupa enkripsi data agar informasi berupa data kependudukan lebih aman dan terjamin 2) Perlunya penambahan kapasitas server pada website aplikasi E-Office SABDOPALON 3) Perlunya mempunyai cadangan data atau backup data 4) Perlunya penambahan pegawai sebanyak satu orang     

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2024-07-30

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 71 , PDF Downloads: 58