Implementasi Program Kerjasama SMPN 50 kota Surabaya dengan Ikatan Pelajar Nahdatul Ulama Ikatan Pelajar Putri Nahdatul Ulama (IPNU-IPPNU)

Penulis

  • Anggi Navyantito S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Negeri Surabaya
  • Suci Megawati S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/publika.v12n4.p1.067-1.078

Kata Kunci:

Implementasi program, kerjasama, IPNU-IPPNU, pendidikan karakter.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Implementasi program kerjasama SMPN 50 Kota Surabaya dengan IPNU-IPPNU. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi, dan observasi. Sumber data yang digunakan adalah hasil transkrip wawancara dan observasi, berupa penilaian hasil survei, sedangkan teknik analisisnya menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program kerjasama ini berjalan efektif, didukung oleh koordinasi yang baik antar unsur terkait, komunikasi yang efektif, serta partisipasi aktif siswa. Program ini berhasil menanamkan dan memperkuat nilai-nilai moderasi beragama dan pendidikan karakter siswa di SMPN 50 Kota Surabaya. Kesimpulan ini diharapkan dapat menjadi model bagi program-program serupa di sekolah lain dengan penyesuaian sesuai konteks dan kebutuhan masing-masing. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat diberikan yaitu: 1) meningkatkan kualitas komunikasi antara semua pihak yang terlibat dalam program kerjasama IPNU-IPPNU dengan SMPN 50 Surabaya; 2) Pelatihan dan pengembangan profesional bagi guru, staf sekolah, dan anggota IPNU-IPPNU harus menjadi prioritas; 3) Pembinaan karakter bagi semua pelaksana program; 4) penyederhanaan prosedur birokrasi, evaluasi terhadap struktur birokrasi yang ada harus dilakukan untuk mengidentifikasi hambatan-hambatan yang mungkin terjadi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adi Nugroho. 2009. Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML Dan. Java ANDI: Yogyakarta.

Agustino, Leo. 2006. Dasar-dasar Kebijaksanaan Publik. Bandung: CV. Alfabeta.

Ahmad D. Marimba, 2007, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta; Bumi. Aksara.

Ahmadi, M. Z. (2021). IMPLEMENTASI PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMPN 3 BONTOMARANNU KABUPATEN GOWA (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).

Arnstein, S. R. (1969). A Ladder of Citizen Participation. Journal of the American Planning Association, 35(4), 216-224.

B. Merriam, Sharan & Robin S. Grenier. (2019). Qualitative Research in Practice: Examples for Discussion and Analysis.

Bogdan, R. C., & Taylor, S. J. (1975). Introduction to Qualitative Research Methods: A Phenomenological Approach to the Social Sciences. New York: John Wiley & Sons.

Cohen, J. M., & Uphoff, N. T. (1980). Participation’s Place in Rural Development: Seeking Clarity through Specificity. World Development, 8(3), 213-235.

Cornwall, A. (2008). Unpacking ‘Participation’: Models, Meanings and Practices. Community Development Journal, 43(3), 269-283.

Creswell, John W, 2014, Penelitian Kualitatif & Desain Riset, Yogyakarta,. Pustaka Pelajar.

Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.

Dunn, William N. 2013. Pengantar Analisis Kebijakan Publik, cetakan kelima. Yogyakarta: Gajah Mada Universitas Press.

Dwijowijoto, Riant Nugroho. 2004. Kebijakan Publik. Jakarta: Gavamedia.

E. Mulyasa 2011:298 Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta: Bumi Aksara.

Edi Suharto. 2008. Kebijakan Sosial Sebagai kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Fitrianingrum, Lia. 2021. Evaluasi Kebijakan Penanganan Covid-19 Pemerintah Provinsi Jawa Barat. JPSI (Journal of Publik Sector Innovations). Vol. 06, No. 1.

Hasbullah. (2012). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Jenkins, Henry. (2006). Convergence Culture: Where Old and New Media. Collide. New York: New York University Press.

Lasswell, H. D., & Kaplan, A. (1970). Power and Society: A Framework for. Political Inquiry. https://doi.org/10.2307/2087983.

Lathifah, M. N. (2023). Implementasi Pogram Penguatan Pendidikan Karakter Islami pada Siswa di SMP Negeri 9 Malang.

Majone. Wildavsky. 2002. Implementasi berbasis kurikulum. PT. raja grafindo: Jakarta.

Manshuri, S., & Rahaju, T. (2023). Implementasi Program Inovasi Aplikasi Klampid New Generation (Kng) Di Kelurahan Wonokromo Kota Surabaya. Publika, 2491–2504. https://doi.org/10.26740/publika.v11n4.p2491-2504

McLaughlin, John A. (2004). Research and Evaluation. Methods in Special Education, California: Corwin Press, Inc.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nugroho D, Riant. 2004. Kebijakan Publik, Formulasi, Implementasi, dan. Evaluasi. Jakarta: Gramedia.

Nugroho, T., dkk. (2014). Buku ajar asuhan kebidanan nifas (askeb 3). Yogyakarta : Nuha Medika.

Nugroho, Taufan. (2011). Buku ajar obstetric untuk mahasiswa kebidanan.Yogjakarta : Nuha Medika.

Parsons, Wayne. 2005. Public Policy: Pengantar Teori & Praktik Analisis. Kebijakan. Alih bahasa: Tri Wibowo Budi Santoso. Jakarta.

Pretty, J. N. (1995). Participatory Learning for Sustainable Agriculture. World Development, 23(8), 1247-1263.

Siregar, R. A., & Prabawati, I. (2022). Implementasi Kebijakan Vaksinasi Covid-19 Di Puskesmas Kedungdoro Kecamatan Tegalsari Kota Surabaya. Publika, 471-486.

Stewart Jr, J., Hedge, D., & Lester, J. P. (2007). Public policy: An evolutionary approach (3rd Editio).

Supardi. (2015). Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif, Psikomotor. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Syafiie, Inu Kencana. 2011. Sistem Pemerintahan Indonesia,Jakarta : Rineka.

Tachjan. (2006). Implementasi Kebijakan Publik. Bandung: AIPI.

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, Penjelasan Umum.

Usman, Nurdin. (2002). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Utami, D. A., Mahmudah, L. N., Sahilla, F. I., Amaretta, F. R., Aini, K., & Sari, D. C. (2023). Analisis Implementasi Kebijakan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Kecamatan Widang Kabupaten Tuban. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 7(2), 97–104.

Wafi, H. A. (2019). Implementasi Program Kemitraan Sekolah dengan Dunia Usaha di SMK Negeri 2 Depok. Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 8(1), 51-58.

Widodo, Joko.2010. Analisis Kebijakan Publik. Malang: Bayumedia.

Widodo, Prabowo.P,Dkk, 2011, Pemodelan Sistem Berorientasi Obyek. Dengan UML, Graha ilmu, Yogyakarta.

Diterbitkan

2025-03-07

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 38 , PDF Downloads: 22