INOVASI PELAYANAN PERIZINAN MELALUI SSWALFA (SURABAYA SINGLE WINDOW) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KELURAHAN BALAS KLUMPRIK KECAMATAN WIYUNG KOTA SURABAYA

Penulis

  • Randy Agung Anantha S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Negeri Surabaya
  • Deby Febriyan Eprilianto S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/publika.v13n1.p35-44

Kata Kunci:

Inovasi Pelayanan Publik, Layanan Perizinan, E-Government, SSWALFA

Abstrak

Penelitian ini membahas implementasi website SSWALFA sebagai inovasi E-Government dalam pelayanan perizinan di Kelurahan Balas Klumprik, Kota Surabaya. Website ini diterapkan di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Surabaya, termasuk Kelurahan Balas Klumprik. Namun, dalam praktiknya, masih terdapat kendala yang berpotensi menghambat efektivitas layanan publik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SSWALFA memberikan manfaat yang signifikan. Dari indikator relative advantage, website ini mempermudah pengajuan surat perizinan dan verifikasi berkas. Dari aspek image, penggunaan SSWALFA meningkatkan citra Kelurahan Balas Klumprik secara positif. Pada indikator compatibility, inovasi ini diterima baik tanpa penolakan. Dari aspek ease of use, website ini memberikan kemudahan akses bagi masyarakat. Sementara itu, indikator use intention menunjukkan peningkatan intensitas penggunaan SSWALFA setiap bulan. Namun, sosialisasi yang belum merata menyebabkan banyak masyarakat belum mengetahui website ini. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan peningkatan sosialisasi secara luas dengan memanfaatkan media sosial seperti Instagram, TikTok, dan YouTube guna meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap SSWALFA.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Asnawati, L. (2015). Strategi Percepatan Adopsi dan Difusi Inovasi Dalam Pemanfaatan Mesin Tanam Padi Indojarwo Transplater Di Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu. Pertanian Press.

Bimas Sari, D. (2023). Pengaruh Intensitas Penggunaan Tiktok Terhadap Kepercayaan Diri Remaja Siswa Kelas IX Di SMPN 1 Babadan Kabupaten Ponorogo Tahun Pelajaran 2022/2023. Electronic Theses of IAIN Ponorogo.

Harun, D., Rares, J., & Mambo, R. (2022). Inovasi Dalam Pelayanan Publik (Studi Pada Layanan Online Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Manado. Jurnal Administrasi Publik, VIII.

Herawati, S., Saktiendi, E., & Raihanah, A. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, dan Kemudahan Penggunaan Aplikasi KAI Access terhadap Kepuasan Konsumen PT Kereta Api Indonesia (Persero). Formosa Journal of Multidisciplinary Research, 1(6), 1391–1406. https://doi.org/10.55927/fjmr.v1i6.1436

Maharani, S., & Bernard, M. (2018). Analisis Hubungan Resiliensi Matematik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Lingkaran. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 819–826.

Moloeng, J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif.

Oribel, F., & Wibawani, S. (2023). Efektivitas Sipraja Di Desa Sugiwaras Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 8(2), 275–285. https://doi.org/10.33506/jn.v8i2.2422

Peraturan Gubernur No 53 Tahun 2021 Tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Pemerintah Provinsi Jawa Timur (2021).

Peraturan Ombudsman Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2023 Tentang Tata Cara Pemeriksaan Dan Penyelesaian Laporan (2023).

Sari, R., Sutiana, E., & Sudrajat, A. (2022). Pengaruh Potongan Harga dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Menggunakan Dompet Digital Shopeepay. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 9.

Sholicha, I. K., & Oktariyanda, T. A. (2023). Inovasi Pelayanan Publik melalui Aplikasi Pelayanan Via Online (PLAVON DUKCAPIL) Oleh Dinas Kependudukan DanPencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo. Publika, 11 Nomor 3, 2293–2302.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.

Umami, S., Rohana, S., Intiana, H., & Mahyudi, J. (2024). Pengaruh Intensitas Membaca Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 3 Labuapi. Jurnal Bastrindo

Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2008 Tentang Ombudsman Republik Indonesia, https://peraturan.bpk.go.id/Details/39708 (2008).

Yuka Asmara, A., & Yayuk Sri Rahayu, A. (2019). INOVASI PELAYANAN KESEHATAN GANCANG ARON DI KABUPATEN BANYUWANGI DALAM PERSPEKTIF MATRIK INOVASI SEKTOR PUBLIK. Journal of Public Innovation, 57 - 67

Diterbitkan

2025-04-21

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 126 , PDF Downloads: 107