EFEKTIVITAS LAYANAN PEDULI DILAN (DISABILITAS, ODGJ DAN LANSIA) DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SIDOARJO
DOI:
https://doi.org/10.26740/publika.v13n1.p9-20Kata Kunci:
Pelayanan Publik, Efektivitas, Layanan Peduli Dilan, Administrasi KependudukanAbstrak
Layanan Peduli Dilan merupakan program inovatif untuk meningkatkan aksesibilitas pelayanan administrasi kependudukan bagi kelompok masyarakat berkebutuhan khusus di Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas layanan Peduli Dilan dengan menggunakan tujuh indikator efektivitas menurut Annas yaitu: ketepatan waktu, sumber daya manusia yang mengelola, mekanisme kerja, kerja sama dan komunikasi, penyaluran dana, tidak ada penyimpangan , monitoring dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum layanan Peduli Dilan telah berjalan efektif. Layanan dapat dikatakan terlah berjalan tepat waktu meskipun tidak memiliki jadwal tetap karena keterbatasan petugas, namun petugas memiliki kompetensi yang baik dalam memberikan pelayanan. Mekanisme kerja layanan berjalan sesuai SOP dan memanfaatkan perkembangan teknologi dalam proses pelayanan. Layanan Peduli Dilan telah melakukan kerja sama dan komunikasi dengan berbagai stakeholder untuk mendukung kelancaran pelayanan. Dalam hal penyaluran dana, dana operasional bersumber dari APBD yang diawasi melalui evaluasi dan audit berkala. Dalam pelayanan tidak ditemukan adanya penyimpangan dan layanan diberikan secara gratis. Layanan Peduli Dilan rutin dilakukan monitoring dan evaluasi, namun tidak ada SKM khusus untuk layanan Peduli Dilan. Untuk meningkatkan efektivitas layanan, direkomendasikan adanya penambahan jumlah petugas, serta penyusunan survei kepuasan masyarakat (SKM) yang lebih spesifik bagi penerima layanan.
Unduhan
Referensi
Anindya, N. T., & Fanida, E. H. (2024). Kajian Kualitas Layanan KTP-Elektronik Bagi Penyandang Disabilitas dan Lansia di Kabupaten Mojokerjo. Jurnal Publika, 12(2), 511–520.
Bastaman, K., Ilmu, F., Universitas, A., Nawawi, A., Ilmu, F., Universitas, A., Mangkurat, U. L., Kerja, M., & Produktif, D. M. (2020). Efektivitas Program Desa Migran Produktif ( DESMIGRATIF ) Pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Subang. 2(2), 169–191.
Firmansyah, M. B., Laily, I., Saifudin, K., & Rohma, I. A. (2022). Komunikasi Chatting Media Sosial Sebagai Bentuk Ekspresi Remaja dalam Mencapai Utilitarianisme. Nivedana: Jurnal Komunikasi & Bahasa, 3(2). file:///C:/Users/USER/Downloads/662-Article Text-2193-1-10-20221231.pdf
Gumohung, R. (2022). Administrative Mechanism for Issuing Legal Products in the Legal Section of the Regional Secretariat of North Bolaang Mongondow Regency Mekanisme Administrasi Penerbitan Produk Hukum di Bagian Hukum Sekretariat daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. 1(7), 1431–1442.
Hasyim, M. H., Purnamasari, H., & Priyanti, E. (2021). Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Pada Kantor Kecamatan Jatibarang Kabupaten Indramayu. 8, 365–370.
Heryanto, Y. (2021). Penerapan Etika dalam Administrasi Publik Aparatur Negara. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(1).
Isbandono, P., & Pawastri, D. A. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan pada Perpustakaan di Badan Pusat Statistik Kota Surabaya. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 4(1), 48–54. https://doi.org/10.26740/jpsi.v4n1.p48-54
Ivana, M. (n.d.). Implementasi Ketepatan Waktu Terhadap Pelayanan Publik Bidang Perijinan di Kabupaten Jember (Studi di Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu). 2020, 1–23.
M. Sahir, Zainuddin, N., & Ningsih, N. (2023). Sistem Informasi Monitoring Pajak Berbasis Web Pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Kolaka. Sempatin, 1(1), 183–188.
Mahmudah, I., & Hertati, D. (2023). Collaborative Governance Dalam Perluasan Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Karimun Jawa Di Kota Surabaya. 12(1), 261–272.
Nazihah, S. A., & Wahyudi, K. E. (2023). Inovasi Pelayanan Program Peduli Dilan Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(6), 3087–3095.
Parianti, A. (2022). Efektivitas Kinerja Pegawai Pada Kantor Kelurahan Tammua Kecamatan Tallo Kota Makassar. Jurnal Governance and Politics (JGP), 2, 15–22.
Putri, R. I. E., & Fanida, E. H. (2021). Inovasi Program Si Nduk (Sistem Informasi Online Dokumen Kependudukan) Pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Bojonegoro. Publika, 9(4), 587–600. https://doi.org/10.26740/publika.v9n4.p587-600
Ratnawati, S., Syntia Julianti, I., & Ismail. (2023). Evaluasi Program Peduli Dilan (Disabilitas Dan Lanjut Usia) Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo. JIAN - Jurnal Ilmiah Administrasi Negara, 7(2), 1–13. https://doi.org/10.56071/jian.v7i2.664
Ristiani, E., Gusnarib, & Rustam. (2023). Kerjasama Pembina dan Guru PAI dalam Pembentukan Karakter Ketakwaan Pada Dasa Darma Pramuka di SMPN 1 Basidondo Kabupaten Toli-Toli. 4(1).
Sari, S. M. V. (2023). Pengaruh Metode Partisipasi dalam Penyusunan Anggaran terhadap Kinerja Manajemen. Jurnal Cendekia Keuangan, 2(1), 23–33. https://doi.org/10.32503/jck.v2i1.3377
Shoimuna, M. D. (2024). Reformasi Birokrasi Dan Pelayanan Publik. Public Service and Governance Journal, 5(1), 239–257. https://doi.org/10.56444/psgj.v3i1.628
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sutanto, S. H., Jantika, F., Herlianti, N., & Jauza, R. (2022). Reformasi Administrasi Pelayanan Berbasis Online pada Dinas Penduduk dan Pencatatan Sipil Kota Padang. 1(2).
Takbir, M. (2023). Evaluasi Kinerja Pegawai untuk Mewujudkan Pelayanan Publik dalam Perspektif Good Governance di Dinas Sosial Kabupaten Gowa.
Widanti, N. P. T. (2022). Konsep Good Governance dalam Perspektif Pelayanan Publik: Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3. https://doi.org/10.55542/saraqopat.v6i1.328
Zulfikar, & Rozaili. (2022). Sumber Daya Manusia Dalam Administrasi Kependudukan Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pidie. Jurnal Ekobismen, 2(1), 76–85. https://doi.org/10.47647/jeko.v2i1.538
Abstract views: 416
,
PDF Downloads: 359



