TEACHER’S FEEDBACK ON GRAMMAR CONSTRUCTION RELATED TO THE STUDENTS’ SPEAKING SKILL

  • FARIS IMAN BUDIMAN

Abstract

Abstrak

Mengajar bahasa inggris terutama untuk siswa SMP merupakan hal yang tidak mudah, karena pada tahapan ini guru berperan besar dalam menjadi kan siswa lebih aktif dan mempunyai pondasi berbahasa yang baik. Grammar merupakan aspek utama dalam pembuatan pondasi berbahasa yang baik, namun permasalahan yang sering dihadapi oleh para pengajar yakni motivasi siswa untuk lebih aktif dengan grammar lebih baik. Metode pengajaran grammar yang kuno akan menjadikan siswa lebih malas sebab pada hakikatnya banyak siswa yang menjadikan grammar sebagai momok dalam proses belajar bahasa Inggris. Oleh karena itu siswa sering kurang aktif dalam proses pembelajaran. Peneliti menekankan metode pemberikan feedback yang sangat berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa khususnya dalam hal pembelajaran mengenai grammar.

Dalam penelitian ini peneliti beranggapan jika motivasi siswa untuk lebih aktif akan bertambah ketika pemberian feedback diberikan secara maksimal. Beberapa jenis feedback akan di berikan pengajar secara tepat dan akurat sesuai porsinya. Penelitian ini mengenaipenerapan feedback guna meningkatkan motivasi siswa dan siswi untuk lebih aktif berbicara dengan grammar yang baik.

Penelitian ini menggunakan deskripstif qualitative. Guna mendapatkan data yang sesuai dengan yang dibutuhkan. Penelitian ini berlangsung dengan menggunakan fiednote dan interview selamadua kali pertemuan. Data yang dikumpulkan oleh peneliti dian alisis secara kulitatif. Hasilnya menunjukan bahwa murid mengalami perkembangan dalam hal keberanian untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran khususnya berbicara dengan ketepatan grammar yang lebih akurat. Peneliti menyarankan kepada para pengajar lain atau penelitilain untuk menggunakan media ini dalam meningkatkan keberanian siswa untuk berbicara dengan ketepatan grammarnya.

 

Kata kunci: Umpanbalik guru, konstruksi grammar, skill berbicara.

 

Abstract

Teaching English especially for Junior High School is not easy, because in this phase the teacher has a big role to make students become more active and have a good basic language. Grammar is an important aspect in making good basic language, but the teacher is often facing the problem of less motivation of the students. Grammar teaching method which is not interesting will not be able to make students become active in teaching and learning process. The researchers emphasize feedback for students have good impact to increase students’ motivation especially in grammar.

In this study the researcher found that students’ motivation for being active increased by giving feedback maximally. Some kinds of feedback have been given by the teacher well. This study shows that the researcher want to know the influence of feedback in increasing students’ motivation.

This study used descriptive qualitative. For collecting the data this study used field note and interview. It was analyzed by qualitative process. The result showed that student’s experienced in developing their activeness in learning process especially speaking correctly. It will be useful for other teacher to apply this method to make the students become active and speak correctly.

 

 

Keywords: Teacher’s feedback, grammar construction, speaking skill. 

Published
2015-01-21
How to Cite
IMAN BUDIMAN, F. (2015). TEACHER’S FEEDBACK ON GRAMMAR CONSTRUCTION RELATED TO THE STUDENTS’ SPEAKING SKILL. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 3(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/10456
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 45