THE IMPLEMENTATION OF SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, and REVIEW) STRATEGY IN TEACHING READING NARRATIVE TO EIGHT GRADER STUDENTS OF SMP N 1 PETERONGAN

  • NURUL ALIFAH K

Abstract

Abstrak

Kegiatan membaca sangat penting untuk setiap orang terlebih untuk pelajar. Hal ini dilakukan supaya dapat mengetahui apa yang terjadi di luar kehidupan pribadi masing-masing. Pelajar perlu dilatih dalam kegiatan membacaagar mereka mempunyai kemampuan membaca yang baik. Membaca adalah sebuah aktifitas yang tidak hanya sebagai pencarian informasi tetapi juga sebagai alat untuk memperluas kemampuan berbahasa. Oleh karena itu, para guru harus mempunyai sebuah strategi yang tepat untuk membantu para siswa mengmbangkan kemampuan membaca mereka. Dalam penelitian ini, SQ3R (Survey, Question, Read, Recite and Review) strategi ditawarkan sebagai sebuah strategi pengajaran yang mana dianggap sangat mampu untuk memperbaiki kemampuan membaca para siswa. Peelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi penerapan SQ3R strategi di dalam pengajaran membaca teks narrative kepada siswa  kelas 8 SMP N 1 PETERONGAN.

Peneliti menggunakan diskriptif qualitatif. Subyek dari penelitian ini adalah murid kelas 8 di SMP N 1 PETERONGAN khususnya kelas VIII-G. Data penelitian ini  adalah hasil dari observasi dan daftar pertanyaan. Penelitian ini dilakukan dalam tiga kali pertemuan. Daftar pertanyaan diberikan diakhir penelitian. Data ini dianalisis secara deskriptif untuk menjawab pertanyaan- pertanyaan penelitian. Penelitian ini menunjukkan bahwa SQ3R strategi dpat memotivasi para siswa untuk membaca dan mendorong siswa untuk berbicara.

SQ3R strategi mempunyai lima langkah dalam penerapannya. Diantranya adalah Survey, Question, Read, Recite dan Review. Langkah pertama adalah Survey, yang berarti untuk menyurvey keseluruhan teks. Langkah kedua adalah Question, didalam langkah ini para siswa harus membuat beberapa pertanyaan. Langkah ketiga adalah Read, para siswa harus membaca keseluruhan teks. Langkah keempat adalah Recite, para siswa mencoba untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah mereka buat. Lankah kelima adalah Review, para siswa merangkum informasi teks tersebut. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa guru telah mengimplementasikan SQ3R strategi dengan sukses untuk membantu para siswa dalam memahami teks. Hasil dari daftar pertanyaan juga mengindikasi bahwa SQ3R strategi sangat berarti dan membantu para siswa untuk memahami teks narrtive.

Kesimpulannya, implementasi dari SQ3R strategi baik untuk pengajaran membaca teks narrative. SQ3R strategi adalah sebuah strategi yang efektif yang dapat digunakan dalam proses kegiatan belajar mengajar.

 

 

Abstract

Reading is important for everybody in order to know what happened in the outside of us.  Students need to be trained in reading in order to have a good reading skill. Reading is an activity not only as the source of information but also the extending knowledge of a language. Thus, teachers should have an appropriate strategy to help students develop their ability in reading. In this thesis, SQ3R (Survey, Question,Read, Recite and Review) strategy is offered as a teaching strategy which is regarded very powerful for improving students' ability of reading. This research aims to investigate the implementation of SQ3R strategy in teaching reading narrative to the eighth grade students of SMP Negeri 1 Peterongan.

This research is descriptive qualitative research. The subject of this research is the eight grade students in SMP Negeri 1 Peterongan at class VIII-G. The data in this research are the result of observation and questionnaire. The observations were conducted three times. The questionairre was given at the end of the observation. The data were analyzed descriptively to answer the research questions. It shows that SQ3R strategy can motivate students to read and encourage them to speak.

SQ3R strategy has five steps. There are Survey, Question, Read, Recite and Review. The first step is survey, means to look over the whole chapter. The second is quetion, students have to make questions for themselves. The third step is read, students read the passage carefully. The fourth is recite, students try to answer their question. The lat step is review, the students summarize the information. The result of observation also shows that the teacher implemented SQ3R strategy successfully to help the students in comprehending the text.The result of questionnaire also indicates that SQ3R strategy is very meaningful and helpful for the students in comprehending narrative text.

In conclusion, the implementation of SQ3R strategy is good in teaching reading narrative text. SQ3R strategy is effective strategy that can be used in teaching learning process.

Keywords: SQ3R strategy, narrative text, reading comprehension

Published
2015-01-23
Abstract View: 9
PDF Download: 7