THE IMPLEMENTATION OF STORYTELLING TO TEACH SPEAKING TO EIGHT GRADERS AT SMPN 1 KEDAMEAN  

  • WIWIT AGUSTIYANINGSIH

Abstract

ABSTRAK

Kertampilan speaking Berbicara sangat penting dalam belajar bahasa Inggris. Selain itu, berbicara merupakan salah satu keterampilan komunikasi, karena hanya dengan komunikasi, siswa dapat mengakses informasi. Dengan demikian, guru harus memiliki teknik yang tepat untuk membantu siswa mengembangkan kemampuan mereka dalam berbicara, terutama untuk tujuan akademis. Dalam tesis ini, storytelling ditawarkan sebagai teknik pengajaran yang dianggap sangat baik untuk meningkatkan kemampuan siswa. Penelitian ini, bertujuan untuk menyelidiki pelaksanaan storytelling untuk mengajar berbicara di kelas VIII SMPN 1 Kedamean. Penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas delapan di Smpn 1 Kedamean pada kelas VIII-F. Data dalam penelitian adalah hasil observasi, kuesioner dan wawancara. Pengamatan dilakukan tiga kali. Setiap pertemuan, kuesioner diberikan pada akhir pengamatan. Data dianalisis secara deskriptif untuk menjawab pertanyaan penelitian. Hal ini menunjukkan bahwa storytelling dapat memotivasi siswa untuk berbicara secara aktif. Storytelling dilakukan dengan langkah-langkah. Seperti menjelaskan materi, memberi tugas mahasiswa, dan ulasan. Langkah pertama adalah menjelaskan, artinya guru menjelaskan cerita pendek. Yang kedua adalah contoh, guru memberikan contoh untuk menceritakan sebuah cerita. Langkah ketiga adalah tugas mahasiswa, meminta siswa untuk melakukan bercerita dengan menggunakan kata-kata mereka sendiri. Langkah terakhir adalah review, guru memberikan review setelah siswa melakukan storytelling. Hasil pengamatan juga menunjukkan bahwa storytelling berhasil untuk membantu siswa dalam kemampuan berbahasa. Hasil kuesioner juga menunjukkan bahwa storytelling sangat berguna dan membantu siswa dalam kemampuan berbicara.

Kata Kunci: storytelling, berbicara.

 

Abstract

Speaking is considered very important in learning English. In addition, speaking is one of the communicative skills, because only in that way, students can access the information. Thus, teachers should have an appropriate technique to help students develop their ability in speaking, especially for academic purposes. In this thesis, storytelling is offered as a teaching technique which is regarded very powerful for improving students' ability. This research, therefore, aims to investigate the implementation of storytelling to teach speaking of eight graders at SMPN 1 Kedamean. Research design is descriptive qualitative research. The subject of this research is the eighth graders students in Smpn 1 Kedamean at class VIII-F. The data in this research are the result of observation, questionnaire and interview. The observations were conducted three times. Every meeting, the questionnaire was given at the end of the observation. The data were analyzed descriptively to answer the research questions. It shows that storytelling can motivate and courage the students to speak actively. Storytelling was conducted by steps. There are explaining, example, student task, and review. The first step is explaining, means that the teacher explains the role of short story. The second is example, the teacher give example to tell a story. The third step is student task, asked the student to perform storytelling using their own word.  The last step is review, the teacher give a review after the students performed. The result of observation also shows that the teacher implemented storytelling successfully to help the students in speaking ability. The result of questionnaire also indicates that storytelling is very useful and helpful for the students speaking ability.

Key words: storytelling, speaking.

 
Published
2015-01-23
Abstract View: 9
PDF Download: 7