The Implementation of Unscripted Role play in Teaching Speaking Of Narrative Text To The Eleventh Graders of SMA Negeri 17 Surabaya

  • ENISAH CAHYA KURNIAWATI

Abstract

Abstrak

Mengajar bahasa inggris untuk murid-murid terutama untun sekolah menengah atas seharusnya dibuat menyenangkan agar membuat mereka mudah mengingat kosa kata baru yang telah mereka pelajari. . Sehingga para pengajar harus menggunakan teknik yang tepat untuk mengajar sekolah menengah atas. Permasalahannya adalah, peneliti menemukan bahwa di sekolah ini terutama di kelas sebelas, pengajar terlihat mendominasi situasi kelas. Dominasi seluruh aktivitas ruang kelas seharusnya di minimalisir saat partisipasinmurid di ruang kelas harus ditingkatkan. Dalam pengajaran berbicara, murid-murid diharapkan dapat banyak bicara dan lebih berpartisipasi. Berdasarkan permasalahannya, peneliti menggunakan teknik bermain peran. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan implementasi teknik bermain peran tanpa naskah dalam pengajaran teks berbicara naratif untuk kelas sebelas. Selain mengimplementasi bermain peran tanpa naskah, peneliti juga menjelaskan penampilan berbicara murid-murid. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah 31 siswa di kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 17 Surabaya. Observasi dengan checklist dan penampilan berbicara murid-murid adalah instrument penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa bermain peran tanpa naskah dalam proses belajar mengajar yaitu mudah diterapkan dan membuat murid-murid menjadi lebih aktif dalam kelas berbicara. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa bermain peran tanpa naskah dapat digunakan dalam proses belajar mengajar untuk mengajar teks berbicara naratif untuk kelas sebelas. Peneliti menyarankan bahwa guru dan peneliti lain menggunakan teknik ini untuk mengajar berbicara kelas sebalas.

Kata Kunci: Speaking, Roleplay technique, Narrative text

 

Abstract

Teaching speaking should be made enjoyable for the students, especially for senior high school to make them easy to remember the new words they have just learned. So the teachers have to use the right technique teach senior high school. The problem is, the researcher found that in this school especially on eleventh graders, the teacher seems to dominate the classroom situation. The domination over the classroom activities should be minimized while the students’ participation in the classroom should be improved. In teaching speaking, the students are expected to be able to communicative and more participate. Based on the problem, the researcher used roleplay technique. This research is aimed to describe the implementation of Unscripted Roleplay technique in teaching speaking narrative text to the eleventh graders. Besides the implementation of unscripted roleplay, the researcher also describes the students’ speaking performance. This research is a descriptive qualitative research. The subjects of this research are 31 students in XI IPS 2 of SMA Negeri 17 Surabaya. Observation checklist and students’ speaking performance results are research instruments used to gain the data. The result showed that unscripted roleplay in the teaching – learning process was easily implemented and made the students become more active in speaking class.  It could be concluded that unscripted roleplay could be used in the teaching learning process to teach speaking narrative text for the eleventh graders. The researcher suggested that other teachers or researchers use this technique to teach speaking to the eleventh graders.

Keywords: Speaking, Roleplay Technique, Narrative Text

 

 

 

 

Published
2015-01-26
Abstract View: 8
PDF Download: 2