THE USE OF ANIMATED VIDEO IN TEACHING INTRODUCING FAMILY MEMBERS OF GRADE SEVEN  STUDENTS AT AL-FALAH JUNIOR HIGH SCHOOL

  • LUCKY YOGA FEBRIANTO

Abstract

Abstrak

Materi pembelajaran adalah satu factor yang sangat penting dalam pembelajaran bahasa (Kerner, 2008). Penggunaa   n materi yang otentik saat ini dianggap sebagai jalan keluar dalam permasalahan ini. Materi yang otentik sangat dibutuhkan oleh siswa. Semaking otentik input-nya semakin baik penguasaan bahasa siswa tersebut. Kerner (2008) meyakini bahwa dengan mempertontonkan sepotong bagian dari video sebagai media pembelajaran bahasa Inggris sangatlah bermanfaat karena video tersebut mengandung materi yang otentik yang mana bahasa digunakan sebagaimana mestinya sebagai alat berkomunikasi. Selain itu, penggunaan sepotong bagian dari video diyakini mampu menjadi sarana berbagi pengalaman (Tuncay, 2014). Selain itu, video diyakini sebagai media yang dinamiis untuk pengajaran EFL daripada hanya gambar atau rekaman suara karena video menampilkan penggunaan bahasa Inggris dalam konteks kehidupan yang real daripada yang abstrak (King, 2002). Selain itu, penggunaan video dalam pembelajaran EFL juga merupakan pengalaman belajar yang refreshing untuk mereka yang bosan akan drilling kosakata dan tata bahasa Inggris karena video dapat member mereka kesempatan untuk mengenal penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari yang tidak akan pernah mereka dapatkan dalam buku pelajaran (King, 2002). Menggunakan deskriptif kualitatif, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prosedur penggunaan video animasi dalam pengajaran introducing family members pada siswa kelas tujuh SMP Al-Falah. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa guru telah menggunakan video animasi untuk pembelajaran bahasa Inggris sesuai dengan prosedur yang dirumuskan oleh Kuriyama (2007). Selain itu, hasil dari kuisioner menunjukkan bahwa terdapat beberapa alas an untuk menggunakan video animasi sebagai media pembelajaran bahasa Inggris. Dapat disimpulkan bahwa guru telah menggunakan video animas dalam pembelajaran bahasa Inggris yang sesuai dengan prosedur yang dirumuskan oleh expert pada penelitian sebelumnya.

Kata kunci: Animated Cartoon, Integrated Learning, Introducing Family Members

Abstract

Learning material is a very important factor in language learning (Kerner, 2008). The provision of authentic materials has now been regarded as the key to overcome this problem. Authentic materials are really needed by students to be absorbed. The more authentic the input the better students acquire the language. Kerner (2008) believed that viewing a segment of video as a medium to teach English is beneficial for it contains authentic materials where the language is used in its function as a means of communication. Besides, it is also believed to be an effective form of immediate shared experience (Tuncay, 2014). Furthermore, video is believed to be a more dynamic medium of EFL teaching rather than pictures and audio recording since it presents English in real life context rather than in the artificial situations (King, 2002). Instead, using video in teaching EFL is also a refreshing learning experience for students who get bored of English vocabulary and grammar drilling practises for it can expose them to a more realistic language learning activity that they will never find in the textbook-based language teaching (King, 2002). Using descriptive qualitative research, this study aimed to describe the procedure of the use of animated video in teaching introducing family members of grade seven students at Al-Falah junior high school. The results of the observation showed that the teacher used animated cartoon to teach English in line with the procedure proposed by Kuriyama (2007). Furthermore, the questionnaire figured out that almost all students agreed that there was a need to use animated video in teaching English for several reasons. In conclusion, the teacher used animated video in such a way proposed by the experts on the previous study.

Keywords: Animated Cartoon, Integrated Learning, Introducing Family Members

 

 

Published
2015-01-27
How to Cite
YOGA FEBRIANTO, L. (2015). THE USE OF ANIMATED VIDEO IN TEACHING INTRODUCING FAMILY MEMBERS OF GRADE SEVEN  STUDENTS AT AL-FALAH JUNIOR HIGH SCHOOL. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 3(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/10702
Abstract Views: 75
PDF Downloads: 61